PDIP Dukung Ibu Tiri Zumi Zola di Pilgub Jambi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 11:33 WIB
Massa DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur (Jaktim) melakukan longmarch dari Jalan Matraman Raya menuju Polres Jakarta Timur.
Ilustrasi Bendera PDIP (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jambi -

PDIP menyerahkan rekomendasi dukungan di Pilgub Jambi kepada Cek Endra dan Ratu Munawaroh. Ratu merupakan ibu tiri mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Pengumuman dukungan disampaikan secara virtual dan disaksikan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Jumat (28/8/2020). Nama calon yang diusung dibacakan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani.

"Pada kesempatan ini kita akan masuk pada pengumuman rekomendasi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah tahap keempat yang akan dilakukan pada hari ini. Sekarang saya akan membacakan terkait rekomendasi yang diberikan kepada calon kepada daerah dan calon wakil kepala daerah di provinsi," ujar Puan.

"Provinsi Jambi, Cek Endra dan Ratu Munawaroh," sambungnya.

Selain Jambi, ada tiga bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur di daerah lain yang turut diumumkan PDIP, yakni Kepulauan Riau, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah. Puan kemudian membacakan rekomendasi untuk calon kepala daerah di 58 kabupaten/kota.

Puan meminta para bakal pasangan calon yang diusung tidak menyia-nyiakan kepercayaan dan kesempatan yang diberikan PDIP. Dia meminta para bakal paslon berjuang bersama rakyat.

"Semoga bapak ibu yang kemudian mendapatkan rekomendasi ini tidak menyia-nyiakan bisa berjuang merebut hari rakyat untuk memenangkan Pilkada tahun 2020 ini bersama-sama dengan rakyat, merdeka," ujarnya.

Sebelumnya, Ratu sempat mengembalikan berkas pendaftaran ke PAN untuk maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jambi di Pilkada 2020. Ratu pun mengungkit jasa sang suami yang juga mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin, membangun PAN di Jambi.

"Saya hadir di sini, dengan memasuki ruangan ini, bagi saya sendiri menyimpan sejuta kenangan. Di mana saya masih ingat ketika pertama kali meletakkan batu pertama bersama Bapak almarhum Zulkifli Nurdin dan tentunya beserta segenap DPW PAN. Begitu senantiasa saya setia dengan PAN. Lalu kita juga ingin Provinsi Jambi ini menjadi provinsi yang terhormat karena Jambi layak dihormati," kata Ratu usai mengembalikan berkas pencalonan di kantor PAN Jambi, Jalan Patimura, Kota Jambi, Jumat (19/6).

Namun, Ratu memutuskan pindah ke PDIP. Hal tersebut terjadi karena PAN tak memberi dukungan pada dirinya maju di Pilgub Jambi. PDIP sendiri punya 9 kursi di DPRD Provinsi Jambi.

(haf/tor)