Pertamina Raih Penghargaan Inovasi Bangkitkan UMKM 

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 23:08 WIB
Pertamina
Foto: dok Pertamina
Jakarta -

Pertamina mendapat penghargaan kategori 'Inovasi dalam Membangkitkan UKM Melalui Dukungan Berkelanjutan' dalam ajang Anugerah GATRA 2020. Pertamina dinilai telah ikut serta meningkatkan kapasitas dan mendorong kemandirian bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia secara berkelanjutan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pemberdayaan UMKM dijalankan melalui Program Kemitraan. Nicke bilang program ini bahkan sudah dilaksanakan sejak tahun 1993.

"Pertamina mewujudkan peran ini dalam rangka pengabdian dan kepeduliannya terhadap masyarakat. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 1993 dan telah menyalurkan bantuan kemitraan kepada lebih dari 63 ribu mitra binaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/8/2020).

Nicke mengatakan jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan upaya Pertamina untuk membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari pandemi virus COVID-19.

"Dengan berdikarinya usaha kecil dan menengah, kami berharap hal tersebut dapat membantu sendi-sendi perekonomian nasional menjadi normal kembali," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Gatra Media Group, Hendri Firzani mengatakan pihaknya akan menjadi partner pemerintah membangun negara. Menurutnya, banyak pihak yang berkolaborasi melalui cara masing-masing dan di berbagai bidang, terutama di masa pandemi COVID-19.

Untuk itu, kata Hendri, penghargaan tersebut perlu diberikan untuk mengapresiasi kerja keras pihak yang terlibat.

"Kontribusi positifnya berupa ide, gagasan, serta program-program yang sudah terealisasi selama beberapa waktu terakhir dalam perjuangannya memajukan lndonesia dengan memberdayakan kemampuan dan karya anak bangsa sendiri," ujar Hendri.

Selain pemberian penghargaan, acara Anugerah Gatra 2020 juga diramaikan dengan talkshow virtual dari beberapa pembicara, di antaranya Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita; Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian ; dan Ketua Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio, serta ditutup dengan penampilan virtual dari artis Bunga Citra Lestari.

(ega/ega)