Pemprov Sumsel Akan Rekrut 1.000 Tenaga Pendamping Pertanian

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 18:16 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang -

Pemprov Sumatera Selatan berencana merekrut 1.000 lebih petugas penyuluh lapangan atau PPL. Perekrutan dilakukan untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi padi.

"Mereka ini nanti memberikan bimbingan kepada petani, bukan hanya untuk belajar ilmu pertanian tetapi bagaimana petani dapat memiliki jiwa entrepreneur. Jangan menjadi petani yang hanya menjadi buruh di lahan sendiri," terang Gubernur Sumsel, Herman Deru, Kamis (27/8/2020).

Menurut pria yang akrab disapa HD ini, petani kini menjadi profesi yang berperan penting terhadap ketahanan pangan. Apalagi saat ini HD menargetkan Sumsel jadi wilayah lumbung pangan nasional.

"Sumsel harus menjadi lumbung pangan di tingkat nasional. Bukan hanya slogan saja, infrastruktur atau semua yang dibutuhkan petani juga harus dipenuhi," kata HD.

Selain PPL, HD terus menggelontorkan berbagai bantuan dan program untuk menunjang petani. Mulai alat, mesin pertanian, distribusi pupuk hingga pembuatan irigasi untuk sumber pengairan.

"Di Muara Enim, kami bakal dorong petani panen 3 kali. Ini bisa dengan membuatkan irigasi dan sodetan ke lokasi persawahan menggunakan pompa. Jadi produksi juga meningkat," katanya.

HD menargetkan petani di Bumi Sriwijaya bisa produksi padi mencapai 4,92 juta ton gabah kering giling hingga akhir tahun ini. Di mana hingga saat ini produksi petani sudah mencapai 2,8 ton dari luasan lahan tanam 800 ribu hektare lebih.

Adapun solusi lain meningkatkan pertanian di Sumsel yakni dengan menambah luasan lahan. Butuh lebih dari 100 ribu hektare lahan untuk menggenjot produksi tanaman padi di daerah-daerah penghasil, seperti di Banyuasin, Muara Enim, OKU, OKU Timur, Ogan Ilir dan daerah lain.

"Untuk menggenjot produksi itu telah saya intruksikan semua instansi yang berkaitan membuat programnya. Membuat saluran yang dibutuhkan, tetapi tentu Bupati punya tugas juga untuk menyemangati petani, melengkapi infrastruktur yang dibangun itu nanti," katanya.

(prf/ega)