Polisi Jadwal Ulang Pemeriksaan Hadi Pranoto Usai Mangkir karena Sakit

Luqman Arunanta - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 17:36 WIB
Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers di Mapolda Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7/2020) terkait kematian editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polda Metro Jaya menyatakan kematian Yodi Prabowo karena bunuh diri dengan cara menusukkan pisau ke perut dan leher. Hadir dalam keterangan pers tersebut antara lain Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hadi Pranoto dua kali mangkir dari pemeriksaan polisi soal klaim 'obat Corona' dengan alasan sakit. Polda Metro Jaya akan menjadwalkan ulang pemeriksaan Hadi Pranoto.

"Kita sedang berkoordinasi dengan tim pengacara untuk bisa menjadwalkan ulang pemanggilan pemeriksaan yang bersangkutan (Hadi Pranoto) di Dirkrimsus Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Yusri mengatakan penyidik akan berkoordinasi dengan pengacara Hadi Pranoto terkait penjadwalan ulang pemeriksaan tersebut.

Sementara itu, terkait musisi Anji, polisi belum mengagendakan adanya pemeriksaan tambahan. Anji akan diperiksa lagi jika penyidik telah mengambil keterangan Hadi Pranoto.

"Kita harus lihat dulu bagaimana pemeriksaan HP kan terkait. Nanti kalau sudah ada pemeriksaan dari HP, kita kemungkinan akan melakukan pemeriksaan tambahan lagi pemilik akun 'dunia MANJI'. Nanti tunggu saja," ujar Yusri.

Sebelumnya, agenda pemeriksaan Hadi Pranoto soal klaim 'obat Corona' kembali tertunda. Setelah sempat menunda pemeriksaan karena sakit, Hadi Pranoto lagi-lagi menunda pemeriksaan dengan alasan belum sembuh.

Hadi Pranoto sedianya diperiksa pada Senin (24/8) pagi. Hadi Pranoto sempat menghadiri pemanggilan polisi, tetapi pemeriksaan urung dilaksanakan karena dia beralasan belum sembuh betul.

Hadi Pranoto sempat memeriksakan diri ke Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya. Hadi Pranoto kemudian meminta penyidik memeriksanya setelah sembuh.

Kasus dugaan penyebaran berita bohong yang menjerat Hadi Pranoto tersebut menyita perhatian publik. Kasus tersebut juga ikut menyeret nama musisi Anji.

Keduanya dilaporkan oleh CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid terkait konten wawancara yang dimuat di akun YouTube milik Anji, yang kala itu Hadi Pranoto menyebutkan dirinya telah menemukan obat herbal yang diyakini dapat menyembuhkan virus Corona.

Kini kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan dan terus didalami oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

(mei/mei)