Otak Penembakan Dilaporkan Tilap Duit Kantor, Polisi: Kerugian Rp 148 Juta

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 11:11 WIB
Polisi menangkap 12 pelaku penembakan maut di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Berikut penampakan para pelaku yang kini berbaju tahanan.
Nur Luthfiah (Kerudung Biru) Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Nur Luthfiah (34), otak penembakan pengusaha Sugianto (51) di Kelapa Gading, Jakarta Utara juga dilaporkan terkait penggelapan uang perusahaan korban. Pihak perusahaan mengalami kerugian ratusan juta akibat ulah Nur Luthfiah ini.

"Pelapor selaku kuasa dari pihak perusahan (korban) melaporkan dugaan tindak pidana penggelapan dalam jabatan yang dilakukan oleh terlapor (Nur Luthfiah) berdasarkan hasil pengecekan keuangan perusahaan dan keterangan dari para saksi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Kamis (27/8/2020).

Kasus itu dilaporkan oleh Sumarno Ido selaku komisaris dari PT Dwi Putra Tirtajaya, perusahaan milik korban. Penggelapan itu sendiri diduga dilakukan Nur Luthfiah pada tanggal 11 Agustus 2020 atau dua hari sebelum korban ditembak.

Nur Luthfiah diduga menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp 148 juta. Uang itu seharusnya dibelikan untuk bahan bakar kapal KM. Fu Fujin untuk perjalanan mengirimkan 24 ton pupuk milik PT Usda Seroja Jaya ke Ketapang, Kalimantan Barat.

Namun belakangan diketahui Nur Luthfiah tidak pernah membayarkan uang bahan bakar tersebut ke PT Petro. Hal ini diketahui setelah pihak PT Petro menagih ke PT Usda Seroja Jaya.

"PT Petro Andalan Putra mengirimkan bukti pembayaran, yang menurut pelaku sudah dilakukan namun setelah dilakukan pengecekan ternyata pembayaran tersebut tidak ada. Kerugian mencapai Rp 148.220.160," jelas Yusri.

Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara pada Rabu (26/8) kemarin. Saat ini polisi masih mendalami laporan tersebut.

Seperti diketahui, Nur Luthfiah merencanakan pembunuhan tersebut karena merasa telah dilecehkan oleh korban. Selain itu, dia merasa harus melenyapkan korban lantaran pernah diancam akan dilaporkan ke polisi karena menggelapkan uang setoran pajak perusahaan. Total ada 12 tersangka yang telah ditangkap polisi dalam kasus penembakan Sugianto.

Simak video 'Alasan Karyawati Nekat Dalangi Pembunuhan Maut di Kelapa Gading':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/mea)