NasDem Peringatkan Amien Rais yang Duga Gedung Kejagung Dibakar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 19:15 WIB
Taufik Basari
Taufik Basari (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem mewanti-wanti politikus senior Amien Rais agar tidak berspekulasi terkait kebakaran yang menghanguskan gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). NasDem menilai spekulasi Amien Rais yang menyebut gedung Kejagung dibakar oleh 'orang dalam' bisa membuat publik menjadi tak percaya kepada institusi penegak hukum.

"Menurut saya, kita tunggu saja hasil penyelidikan Polri terkait hal ini. Jangan memberikan spekulasi yang memperkeruh keadaan dan sengaja ingin membuat publik tidak percaya pada institusi hukum," kata Ketua DPP NasDem Taufik Basari kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Politisi yang juga dikenal dengan sapaan Tobas itu mengatakan yang seharusnya dilakukan masyarakat saat ini adalah memberi semangat kepada pihak kejaksaan. Agar, sebut dia, penegakan hukum bisa berjalan maksimal.

"Justru, saat ini kita harus memberi semangat kepada Kejaksaan Agung. Mereka menjadi korban mengalami kerugian akibat kebakaran. Kita tidak ingin kerja-kerja penegakan hukum menjadi terhambat akibat kebakaran ini," sebut Tobas.

"Karena itu, di tengah keterbatasan yang ada saat ini karena gedung yang terbakar, semangat penegakan hukum harus terus berjalan," imbuhnya.

Sebelumnya, politisi senior Amien Rais menduga gedung utama Kejagung sengaja dibakar oleh pihak yang diyakininya sebagai 'orang dalam'. Amien mengungkit kebakaran di gedung Bank Indonesia (BI) yang diduga berkaitan dengan skandal BLBI.

"Saya ingin buat video singkat ini untuk membuat catatan kecil tentang peristiwa akhir-akhir ini yaitu terutama kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang begitu dahsyat itu. Yang kemudian mengingatkan kebakaran yang terjadi di gedung BI, bank central Indonesia, bank Indonesia lantai 6 kalau tidak salah, di mana disimpan seluruh berkas-berkas tentang skandal BLBI kemudian hilang. Dan setelah itu ada yang mengatakan demi hukum BLBI sudah selesai kan sudah tidak ada lagi data-data skandal itu," kata Amien mengawali penjelasannya dalam video yang diunggah di akun Instagram @amienraisofficial seperti dilihat detikcom, Rabu (26/8).

Simak video 'Amien Rais Duga Kejagung Dibakar 'Orang Dalam':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)