Warga Sumbar Bongkar Peti Pasien Corona, Wabup Diusir dari Rumah Duka

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 19:07 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendata pemakaman jenazah dengan prosedur tetap (protap) COVID-19. Ada 1.035 jenazah yang dimakamkan dengan protap Corona.
Ilustrasi pemakaman jenazah pasien COVID-19 (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Wakil Bupati (Wabup) Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, diusir dari rumah duka seorang pasien COVID-19 yang meninggal dunia. Peristiwa juga berjalan dramatis karena pihak keluarga sempat merebut peti jenazah dari ambulans hingga menggelar pemakaman tanpa protokol COVID-19.

Peristiwa ini terjadi di Jorong Padang Parik Panjang, Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), pada Senin (24/8). Selain wabup, keluarga mengusir petugas yang sedianya memakamkan jenazah sesuai protokol COVID-19.

Kehadiran wabup bersama pengurus kecamatan ialah untuk menjelaskan kondisi pasien Yondri Satriadi (47) yang meninggal di ruang isolasi COVID-19 RSAM Bukittinggi pada Senin (24/8). Yondri, yang bekerja sebagai petugas kebersihan lepas di Kota Payakumbuh, dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat (21/8).

Awalnya sudah ada komunikasi antara pihak keluarga dan pemda yang menjelaskan bahwa proses pemulasaraan jenazah Yondri sudah dilakukan berdasarkan syariat Islam berdasarkan fatwa MUI dan protokol COVID-19. Belum ada kesepahaman bersama, ambulans yang membawa jenazah Yondri tiba di rumah duka yang kemudian ada pihak keluarga yang memaksa melihat kondisi jenazah Yondri.

"Pada pukul 21.35 WIB, mobil ambulans yang membawa jenazah tiba di rumah duka. Tiba-tiba keluarga bergerak menuju mobil ambulans dan mengambil peti jenazah," kata Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Dony Setiawan, dalam keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Jenazah Yondri lalu dibawa masuk ke rumah duka. Dia mengatakan istri Yondri sudah menyaksikan pemulasaraan jenazah sesuai syariat tapi belum sempat disampaikan kepada keluarga di rumah karena masih dalam suasana berkabung.

Selanjutnya
Halaman
1 2