Kata Eks Gubernur BI soal Kebakaran BI yang Kini Diungkit Amien Rais

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 16:11 WIB
Kebakaran di Gedung BI, 8 Desember 1997. (Tangkapan layar video Associated Press/AP)
Kebakaran di Gedung BI, 8 Desember 1997. (Tangkapan layar video Associated Press/AP)
Jakarta -

Mantan Ketua MPR Amien Rais menyebut kebakaran Gedung Bank Indonesia (BI) tahun 1997 terkait dengan skandal Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Isu itu memang sudah berkembang sejak dulu. Gubernur BI kala itu, Joseph Soedradjad Djiwandono, sudah membantah bahwa kebakaran terkait skandal BLBI.

Rumornya, kebakaran pada 8 Desember 1997 itu merupakan kebakaran yang disengaja. Tujuannya adalah melenyapkan dokumen-dokumen terkait pat gulipat BLBI.

Soedrajad yang menjabat sebagai Gubernur BI pada 1993-1998 itu menuliskan pandangannya dalam buku 'Bank Indonesia and The Crisis: An Insider's View', diterbitkan oleh ISEAS Publications, Singapura, tahun 2005.

Soedradjad menuliskan persepsinya perihak kebakran itu dalam sub bab kecil dengan judul 'The Mysterious Fire and the Dismissals'.

"Saya harus mengakui, hingga saya menuliskan buku ini saya belum mendapatkan informasi mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada kebakaran misterius di pengujung 1997," tulis Soedradjad.

Soedradjad mengaku pernah mendapatkan keterangan usai dirinya tidak lagi menjadi Gubernur BI. Orang yang memberitahunya adalah seorang pejabat kepolsian.

"Deputi Direktur Pusat Laboratorium Forensik kala itu, Dudon Satya Putra melaporkan bahwa, ada kemungkinan besar bahwa gedung itu dibakar secara sengaja, terbakar di lantai 23, 24, dan 25 di Menara A Bank Indonesia pada 8 Desember 1997," tulis Soedradjad mengutip perkataan Dudon.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3