Komisi III DPR Gelar Rapat Bareng Menkum HAM, Kejagung-Polri Bahas Anggaran

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 14:52 WIB
Rapat Komiis III dengan Institusi Penegak Hukum (Rolando-detikcom)
Rapat Komisi III dengan Institusi Penegak Hukum (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pimpinan instansi penegak hukum dan lembaga negara menggelar rapat bersama dengan Komisi III DPR RI. Rapat membahas anggaran.

Rapat digelar di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Rapat ini dihadiri Kapolri Jenderal Idham Azis, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, perwakilan Kemenkum HAM, perwakilan PPATK, perwakilan Mahkamah Konstitusi, dan Menkum HAM Yasonna Laoly secara virtual.

"Oke, kalau gitu saya buka dulu ya, rapat ini saya buka, ada dua materi, komentar dan sesuai agenda rapat, saya buka rapat ini," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa saat membuka rapat.

Rapat dinyatakan telah mencapai kuorum. Pembahasan anggaran sejumlah instansi penegak hukum dan lembaga negara terbuka untuk umum.

Rapat ini difokuskan pada pembahasan anggaran. Komentar anggota Dewan di luar konteks pembahasan anggaran dibatasi.

"Intinya komentar ini berkaitan dengan anggaran, bukan dalam konteks pengawasan, pengawasan tersendiri. Kenapa? Ini kan ada sekian pembiayaan mitra kita," ujar Desmond.

Desmond dalam hal ini ingin Komisi III mengingatkan mitra kerjanya soal anggaran. Jadi, peran Komisi III dapat menjawab harapan masyarakat.

"Tapi harapan rakyat ini kan tugas kita sebagai mitra mengingatkan, tupoksinya mengingatkan dalam rangka jangan sampai kita seolah-olah tidak punya empati membahas anggaran tidak mengingatkan mitra," pungkasnya.

(rfs/zap)