Protokol Buka Bioskop: Pengunjung Sehat Usia 12-60 Tahun, Pesan Tiket Online

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 10:42 WIB
Covid-19: Inggris mulai buka bioskop dengan aturan tempat duduk penonton, bagaimana dengan Indonesia?
Gambar ilustrasi (BBC Magazine)
Jakarta -

Bioskop-bioskop di Jakarta akan kembali dibuka usai sekian lama ditutup gara-gara pandemi COVID-19. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyarankan agar nantinya usia pengunjung bioskop dibatasi, durasi film juga harus dibatasi.

"Hasil kajian tim pakar terhadap kemungkinan bioskop atau sinema dibuka perlu memperhatikan beberapa hal," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito lewat siaran langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Rabu (26/8/2020).

Ada 10 poin persiapan protokol untuk nonton film di bioskop yang dikemukakan Wiku. Pertama, soal pembatasan usia. Orang berusia lanjut tidak boleh ikut nonton film di bioskop. Orang yang punya banyak penyakit juga tidak boleh masuk bioskop.

"Kami menyarankan pengunjung bioskop dan sinema mengingat adanya faktor risiko di masyarakat, kami sarankan yang datang adalah masyarakat dengan usia dengan rentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Dan, tidak memiliki penyakit penyerta lainnya, seperti penyakit jantung, kencing manis, ginjal, dan imunitas rendah lainnya," kata Wiku.

Orang lansia dengan penyakit penyerta berisiko tertular COVID-19 dan virus Corona bisa menjadi mematikan untuk yang bersangkutan. Maka petugas bioskop perlu menapis orang-orang yang hendak masuk ke bioskop.

"Selain itu tidak ada gejala batuk dan demam lebih 38 derajat celsius, pilek, flu, bersin, dan sesak napas," kata Wiku.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3