Alasan Pemerintah Izinkan Bioskop Buka Saat Pandemi: Bisa Tingkatkan Imun

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 10:30 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Foto Wiku Adisasmito: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah dalam waktu dekat ini akan mengizinkan bioskop buka secara bertahap di tengah pandemi Corona. Alasannya adalah karena bioskop salah satu bentuk hiburan untuk masyarakat, yang bisa meningkatkan imunitas.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di YouTube BNPB, Rabu (26/8/2020). Wiku mengatakan keputusan membuka kembali bioskop ini sudah dikaji oleh tim pakar Satgas COVID.

"Kami dari pakar Tim Satgas COVID-19 telah membuat beberapa kajian selama beberapa minggu terakhir terhadap kemungkinan pembukaan bioskop dan sinema dengan mempertimbangkan berbagai hal yang penting, terutama dari aspek kesehatan, dari aspek sosial, dan ekonomi," ujar Wiku.

Wiku menilai bioskop bisa berkontribusi untuk meningkatkan imun masyarakat. Jika masyarakat senang, maka imunitas mereka akan meningkat. Imunitas yang kuat diketahui sangat diperlukan di tengah pandemi saat ini.

"Perlu kami sampaikan, bahwa bioskop dan sinema memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia, atau suasana mental fisik dari penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan," katanya.

"Bioskop atau cinema salah satu kontributor untuk itu dalam rangka menghadapi COVID," imbuhnya.

Wiku menjelaskan proses pembukaan bioskop ini diperlukan waktu yang panjang, yaitu perlu ada pra kondisi, melihat waktu yang tepat. Wiku memastikan daerah yang membuka bioskop ini adalah daerah yang sudah siap dengan fasilitas protokol kesehatan.

"Kami perlu sampaikan dari konteks Satgas, dalam pembukaan sebuah aktivitas sosial ataupun ekonomi perlu melalui suatu proses yang cukup panjang. Pertama harus melakukan pra kondisi, di mana dalam pra kondisi ini dipastikan tentang kesiapan dari fasilitas itu sendiri. Dari kesiapan fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan termasuk masyarakat itu sendiri," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2