Pejabat OKI Pelapor Ketuanya ke Polisi Wafat, Projo Sumsel Berduka

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 10:14 WIB
Pejabat OKI pelapor ketua Projo Sumsel soal dugaan pemerasan wafat (dok. Istimewa)
Foto: Pejabat OKI pelapor ketua Projo Sumsel soal dugaan pemerasan wafat (dok. Istimewa)
Ogan Komering Ilir -

Wakil Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Sumatera Selatan, Hidayat Komsu, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Kepala Inspektorat di Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI), Syarifudin. Komsu mengaku kaget mendapat kabar Syarifudin meninggal dunia.

"Kaget juga kita mendengar kabar itu. Yang jelas kami pribadi dari Projo mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamya. Semoga amal ibadah beliau diterima, segala khilaf diampuni Allah SWT," kata Komsu kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

Komsu mengaku belum mengetahui pasti penyebab meninggalnya Syarifudin. Almarhum merupakan pihak yang melaporkan Ketua Projo Sumsel nonaktif, FY, terkait dugaan pemerasan.

"Belum jelas (penyebab meninggal) karena kita belum pernah ada komunikasi dengan beliau. Komunikasi masalah dengan kuasa hukum, jadi kuasa hukum kita sama polres. Lain dari pada itu kita tak bisa komunikasi," katanya.

Sebelumnya, Ormas Projo sempat berseteru dengan Syarifudin terkait dugaan pemerasan. Syarifudin melaporkan dugaan pemerasan yang dilakukan Ketua Projo Sumsel nonaktif, FY dan dua rekannya, RS dan E.

Dari laporan itu, jajaran Reskrim Polres OKI menangkap FY dkk di kantor Inspektorat OKI. Adapun barang bukti yang diamankan yakni uang tunai Rp 50 juta dan ponsel sebagai alat komunkasi.

Setelah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka, penahanan ketiganya ditangguhkan karena sakit. Polisi memastikan independen dan bakal mengusut kasus itu sampai tuntas.

(ras/haf)