PAN Siapkan Kader untuk Pilpres 2024: Dulu Amien Rais dan Hatta Rajasa

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 19:05 WIB
Eddy Soeparno (Foto: Zhacky/detikcom)
Eddy Soeparno (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) mempersiapkan kader internalnya untuk Pilpres 2024. PAN mengaku mempersiapkan kader sendiri untuk pilpres bukan hal baru.

"Merupakan sebuah tujuan dan kebanggaan bagi partai agar kader-kadernya bisa berkontestasi, apakah itu kontestasi di pilkada sebagai calon bupati, wali kota, gubernur, bahkan di pilpres. Dan kita sudah punya rekam jejak sebagai partai mengusung kader kita untuk menjadi capres dan wapres," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Eddy sempat menyinggung nama Amien Rais dan Hatta Rajasa dalam pilpres-pilpres sebelumnya sebagai bukti rekam jejak. Eddy pun mengatakan mengusung kader sendiri bukan hal baru bagi PAN.

"Pak Amien Rais 2004, Pak Hatta Rajasa 2014, ini bukan merupakan hal baru bagi PAN kalau kita mengusung kader kita untuk duduk sebagai calon nanti di Pemilu 2024," ujarnya.

Namun Eddy tak menyebutkan nama kader yang dipersiapkan untuk Pilpres 2024. Dia mengatakan menunggu 2024 sambil mempersiapkan kapasitas kader dan respons masyarakat.

"Siapa yang kita siapkan? Banyak kader-kader PAN, tidak hanya satu, dua, lebih dari itu banyak kader-kader PAN. Nah kita punya waktu cukup banyak, sambil menunggu 2024 untuk mempersiapkan, menguatkan kader-kader itu agar betul-betul menjadi pilihan terbaik secara nasional dan memiliki elektabilitas yang baik juga. Sehingga pada saat kita sodorkan kepada masyarakat, responsnya positif," imbuhnya.

(rfs/aud)