Waka DPR Dasco Temui Massa Penolak Omnibus Law, Gerindra: Protokol Dipenuhi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 18:29 WIB
Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad temui massa buruh tolak Omnibus Law
Foto: Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad (kemeja putih berjaket hitam) temui massa buruh tolak Omnibus Law. (Rolando/detikcom).
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menemui massa buruh penolak omnibus law RUU Cipta Kerja. Partai Gerindra mengatakan Dasco telah berkoordinasi dengan pimpinan DPR lainnya.

"Pak Dasco sudah koordinasi dengan pimpinan sejak awal ini semua berproses ya, sejak kita awal rapat di Hotel Mulia sama libur dua hari dua malam kita rapat dan puncaknya hari ini ada demo, kita menerima dalam tanda kutip dukungan kaum buruh terhadap proses yang terjadi di DPR ini penyerapan aspirasi," kata Juru Bicara Gerindra, Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (25/8/2020).

Habiburokhman mengatakan saat Dasco menemui kerumunan massa buruh penolak RUU Cipta Kerja, Waketum Gerindra itu tetap memenuhi protokol kesehatan virus Corona (COVID-19). Rombongan DPR pun, disebut Habiburokhman, telah menjalani swab test sebelum menemui massa buruh.

"Tadi kita juga sudah, protokol sudah kita penuhi ya, jadi kalau anda lihat yang keluar pake mobil golf itu semua teman-teman yang sudah swab test, tak ada orang lain, ada beberapa mobil golf itu semua sudah swab test dan apa, sudah negatif," jelas Anggota Komisi III DPR itu.

Saat di lokasi menemui massa buruh, rombongan DPR tak banyak interaksi. Dasco disebut mengenakan masker dan mencuci tangan usai menemui massa buruh.

"Sampai ke lapangan kita dibuka jalur oleh teman-teman kepolisian, enggak banyak interaksi, baru naik ke atas semua ketat memakai masker dan setelah itu kita mencuci tangan semua, saya pikir Insyaallah amanlah," imbuh Habiburokhman.

Saat menemui massa buruh, Dasco didampingi oleh Ketua Baleg DPR RI Andi Supratman yang juga berasal dari Fraksi Gerindra. Selain itu, ada juga Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya dari Fraksi NasDem.

Sebelumnya, Dasco memberikan orasi saat menemui massa buruh penolak omnibus law RUU Cipta Kerja yang menggelar aksinya di depan Gedung DPR, Jl Gatot Soebroto, Jakarta. Dasco meminta massa buruh mengawasi dan mengontrol kinerja DPR terkait RUU Cipta Kerja.

"Kami minta kepada kawan-kawan buruh sekalian untuk mengontrol dan mengawasi agar kami bisa memperjuangkan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang sudah disepahami dengan kawan-kawan tim perumus," kata Dasco, di depan gedung DPR, Rabu (25/8).

Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani sebelumnya justru mengingatkan potensi munculnya klaster virus Corona dari demo massa buruh itu. Puan juga mengingatkan soal potensi kemacetan yang ditimbulkan.

"DPR RI mengajak kelompok buruh yang memiliki aspirasi untuk berjuang tidak lewat aksi yang berpotensi menimbulkan kemacetan, berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya, dan berpotensi jadi klaster penyebaran COVID-19," ucap Puan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8).

(rfs/elz)