Pemkot Palembang Ingatkan UMKM Terdampak Corona Tak Pinjam Modal ke Rentenir

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 17:05 WIB
Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (Raja Adil-detikcom)
Foto: Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengaku prihatin terhadap UMKM yang terdampak pandemi Corona atau COVID-19. Fitri mengatakan UMKM yang terdampak COVID-19 salah satunya adalah UMKM di bidang pariwisata.

"Kita melihat dampak luar biasa terhadap pelaku UMKM dan pariwisata Palembang. Semua terdampak COVID-19 dan saat ini butuh bantuan dana," kata Fitri di kantor Wali Kota Palembang, Selasa (25/8/2020).

Fitri menyarankan para pelaku usaha memanfaatkan pinjaman dana tanpa bunga dan agunan. Dia meminta pelaku usaha tidak pinjam dana pada rentenir.

"Bantuan modal UMKM pinjaman modal tanpa bunga dan agunan. Kemarin kami sudah sampaikan kepada UMKM jangan lagi pinjam ke rentenir, ya termasuk KUR dari pusat ada untuk bangkitkan usaha," kata Fitri.

Fitri menyebut Pemkot Palembang segera memberi bantuan berupa peralatan usaha. Salah satunya adalah alat vakum pempek hingga bibit ikan dan pertanian.

"Bantuan secepatnya alat vakum pempek, bibit ikan, tanaman sama mesin jahit. Kita harap seluruh UMKM ini siap menghadapi apapun setelah ada modal usaha dan alat usaha lengkap," katanya.

Bantuan berupa peralatan, kata Fitri, diberikan agar pelaku UMKM di Kota Pempek dapat bangkit. Dia mengatakan pandemi Corona belum diketahui kapan akan berakhir.

"Bantuan itu jangka panjang, kita harapkan pelaku usaha siap menghadapi bencana tak hanya pendemi ini, kan ada juga kabut asap yang sampai libur. Ini juga harus kita pikirkan," katanya.

Fitri khawatir jika bantuan berupa alat pendukung UMKM tidak segera disalurkan akan menambah angka kemiskinan baru. Hingga Juli, berdasarkan data yang ada, tercatat ada 94 ribu masyarakat miskin baru akibat COVID-19.

(ras/haf)