Informasi Kos Jatinangor dekat ITB

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 16:38 WIB
kos kosan dekat ITB Jatinangor
Ilustrasi kos kosan dekat kampus ITB Jatinangor (Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta -

Hotel Jatinangor atau penginapan di Jatinangor selalu diincar mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikan di beberapa perguruan tinggi yang ada di Jatinangor, termasuk ITB (Institut Teknologi Bandung). Bagi detikers yang sedang mempersiapkan kebutuhan untuk perkuliahan dan sedang mencari kost di kawasan Jatinangor, maka coba simak ulasan di bawah ini!

Seputar ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Bandung. Nama ITB sendiri mulai diresmikan sejak 2 Maret 1959. Pada Oktober 2013 silam, ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dengan otonomi pengelolaan dalam akademik maupun nonakademik. Hingga saat ini ITB telah memiliki sekitar 27 program studi yang terakreditasi secara internasional. Tidak heran ITB menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik yang selalu diincar pelajar tanah air.

Kampus ITB didirikan pada 3 Juli 1920 dengan nama TH te Bandoeng. Pendirian kampus bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang cukup sulit karena terganggunya hubungan antara Indonesia dengan Belanda akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. Perlu detikers ketahui nih, kampus ITB merupakan tempat di mana Presiden pertama Indonesia, Sukarno meraih gelar insinyurnya. Sukarno memperoleh gelar insinyur dalam bidang Teknik Sipil. Kini kampus ITB salah satunya juga berada di Jatinangor.

Biaya Kos ITB Jatinangor dekat ITB

Perlu diketahui, ada cukup banyak pilihan tempat kos yang ada di Jatinangor sehingga kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Mulai dari yang paling murah hingga penginapan mewah seperti apartemen bisa kamu dapatkan dengan mudah di sekitaran Jatinangor. Mengenai biaya, setiap biaya kos di tempat ini tentu akan berbeda-beda dan biasanya akan disesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan. Sebagai gambaran, rata-rata biaya sewa untuk kos yang berada di area kampus ialah sekitar Rp 450 ribu hingga Rp 1,2 juta. Harga tersebut bisa saja lebih tinggi dan sangat dipengaruhi ketentuan yang dibuat pemilik kos.

Beberapa fasilitas yang membedakan patokan harga kos ialah lokasi atau jaraknya dengan kampus, kamar mandi di dalam atau luar, AC dan sebagainya. Untuk pembayaran, biasanya kos harus dibayar setiap per tahun sekali. Bagi para detikers yang ingin menghemat dan tidak ingin ribet mencari indekos, pilihan lain yang bisa kamu pertimbangkan ialah dengan memilih tinggal di asrama. Pasalnya, kampus ITB juga menyediakan fasilitas asrama putra dan asrama putri. Di ITB terdapat empat jenis asrama yang izin tinggalnya berlaku untuk setahun. Namun, ketentuan ini bisa diperpanjang jika memang mahasiswa memenuhi persyaratan yang berlaku.

Kelebihan tinggal di kosan

Meskipun tinggal di asrama, ITB menawarkan banyak keunggulan, bukan berarti tinggal di kosan itu sangat buruk ya detikers. Pasalnya dengan tingal di indekos, kamu lebih memiliki privasi. Misalnya, seperti memilih kamar yang memiliki kamar dan dapur pribadi. Selain itu, kamu juga bisa mencari dan menentukan teman sendiri untuk dijadikan roommate. Menariknya lagi nih, kamu bisa belajar agar lebih mandiri ketika jauh dari orang tua.

Kamu bisa belajar bagaimana caranya mengatur waktu untuk belajar, belanja kebutuhan sehari-hari, memasak hingga untuk urusan beres-beres. Semua urusan tersebut akan menjadi tanggung jawab anak kos. Mengenai harga, kamu bahkan bisa menentukan dan memilih yang sesuai budget lho. Bagaimana, tertarik tinggal di kost Jatinangor?

(erd/erd)