Mahasiswa Tiba di Depan Gedung DPR, Massa Buruh Bubar

Luqman Nurhadi A - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 15:45 WIB
Massa mahasiswa unjuk rasa di depan gedung DPR untuk menolak omnibus law, Selasa (25/8/2020).
Foto: Massa mahasiswa unjuk rasa di depan gedung DPR. (Luqman Nurhadi/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) membubarkan diri dari depan gedung DPR, Jakarta, usai berunjuk rasa menolak RUU omnibus law. Massa buruh bubar perlahan usai para mahasiswa tiba untuk berunjuk rasa di lokasi yang sama.

Pantauan detikcom, Selasa (25/8/2020), massa buruh membubarkan diri dari depan gedung MPR/DPR sekitar pukul 15.10 WIB. Sekitar 6 mobil komando bergerak pergi ke arah Slipi dan Semanggi diikuti rombongan massa buruh.

Situasi depan gedung DPR usai massa buruh bubar, Jakarta, Selasa (25/8/2020).Foto: Situasi depan gedung DPR usai massa buruh bubar. (Luqman Nurhadi/detikcom)

Bubarnya massa buruh meninggalkan sisa sampah ruas jalan dan trotoar. Lalu lintas Jalan Gatot Subroto tampak masih belum dibuka.

Sebelum massa buruh bubar, puluhan mahasiswa diikuti satu mobil komando datang dari arah Semanggi sekitar pukul 14.55 WIB. Mereka membentangkan spanduk menolak RUU Omnibus Law.

Massa mahasiswa maju ke depan pagar yang masih dikawal pihak kepolisian. Tidak berapa lama, mereka diminta mundur dari depan pagar.

Pukul 15.28 WIB, kelompok buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR) merapat ke depan gedung DPR. Satu mobil komando dan massa merapat ke lokasi.

Mereka tampak membawa spanduk bertuliskan 'Omnibus Law Bikin Celaka Buruh dan Rakyat'. Massa buruh ini bergabung dengan massa mahasiswa di depan gedung DPR.

(zak/zak)