Gunung Sinabung Erupsi untuk Ke-23 Kalinya Bulan Ini

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 11:22 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara, Minggu (23/8/2020). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Sinabung berstatus level III atau siaga dan meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di desa yang telah direlokasi.  ANTARAFOTO/Edy Regar/Lmo/foc.
Ilustrasi erupsi Gunung Sinabung (Foto: ANTARA FOTO/Edy Regar)
Karo -

Erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), terjadi lagi. Ini merupakan erupsi yang ke-23 kalinya di bulan Agustus 2020.

"Terjadi erupsi Gunung Sinabung pada hari Selasa, 25 Agustus 2020, pukul 10.50 WIB. Visual letusan tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 249 detik," demikian isi laporan dari situ resmi Kementerian ESDM, Selasa (25/8/2020).

Gunung Sinabung masih berada pada level III atau siaga. Warga diminta tak beraktivitas pada radius 5 Km dari gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut ini.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," tulis laporan tersebut.

Sebelumnya, Gunung Sinabung kembali erupsi pada Sabtu (8/8) setelah sempat tertidur selama 1 tahun. Ada dua kali erupsi yang terjadi saat itu.

Erupsi kemudian terus terjadi. Warga diminta tak curi-curi kesempatan masuk ke zona berbahaya.

Letusan Gunung Sinabung ini juga sempat menyebabkan hujan abu vulkanik di wilayah Karo. Hujan abu vulkanik ini merusak ribuan hektare kebun warga.

(haf/haf)