Gunung Sinabung Erupsi Pagi Ini, Warga Diminta Waspada Aliran Lahar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 09:52 WIB
Erupsi Gunung Sinabung Minggu 23 Agustus 2020 (dok. Istimewa)
Foto: Erupsi Gunung Sinabung Minggu 23 Agustus 2020 (dok. Istimewa)
Karo -

Erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, kembali terjadi pagi ini. Warga di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta waspada terhadap bahaya lahar.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," demikian tulis laporan dalam situs resmi Kementerian ESDM, Minggu (23/8/2020).

Erupsi Sinabung terjadi sekitar pukul 07.41 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 1 Km. Warga diminta tak melakukan aktivitas pada radius 5 Km dari gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut ini.

"Masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur dan 4 Km untuk sektor timur-utara," tulis laporan tersebut.

Banjir lahar dingin sempat terjadi pada Sabtu (22/8) siang. Jalur yang menghubungkan antarkecamatan di sekitar Gunung Sinabung sempat terputus. Tak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa itu.

"Iya, pukul 11.10 WIB tadi terjadi lahar dingin di seputaran Gunung Sinabung, yaitu di Desa Sukatendel dan Desa Perbaji," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, Natanail Perangin Angin saat dihubungi detikcom, Sabtu (22/8).

Letusan Sinabung pada 2020 pertama kali terjadi Sabtu (8/8). Saat itu ada dua kali erupsi yang terjadi. Hingga saat ini, Sinabung tercatat telah mengalami 22 kali erupsi sepanjang 2020.

Tonton video 'Detik-detik Gunung Sinabung Erupsi':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)