Puslabfor Teliti Abu dan Arang Sisa Kebakaran Gedung Kejagung

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 09:36 WIB
Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara di gedung Kejagung yang terbakar, Senin (24/82020).
Lokasi kebakaran di gedung kejagung. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Tim Puslabfor Polri mengambil sampel abu dan arang dari lokasi kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). Sampel abu dan arang itu kini tengah diteliti.

"Tim mengambil sampel abu arang dari dalam gedung, dan dibawa ke Puslabfor untuk diteliti. Selain itu, tim juga sedang mendalami arah penjalaran api," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Selasa (25/8/2020).

Tim gabungan Polri sebelumnya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran di gedung Kejagung pada Senin (24/8) kemarin. Tampak hadir Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kapuslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo, hingga Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.

Olah TKP dipimpin oleh Kapuslabfor dan selesai pada pukul 17.15 WIB. Setiap sudut gedung yang hangus terbakar diperiksa tim Labfor.

"Tim telah melakukan penyisiran setiap lantai, mulai dari lantai 1 hingga lantai 6 gedung Kejagung," ucap Argo.

Sebelumnya, Kapuslabfor Brigjen Ahmad Haydar mengatakan ada 12 orang tim Labfor yang dikerahkan pada olah TKP kebakaran gedung Kejagung. Mereka dibantu oleh 10 orang dari tim Inafis.

Haydar menjelaskan, pihaknya memeriksa konstruksi bangunan terlebih dahulu sebelum memulai proses olah TKP. Pemeriksaan gedung dimaksudkan untuk memastikan proses olah TKP berjalan aman.

"Tadi barusan kita lakukan pengecekan. Kami didampingi tim Bareskrim Polri dengan Ditkrimum Polda Metro Jaya dari Inafis dan dari staf Kejaksaan Agung. Yang pertama kami lakukan pengecekan konstruksi bangunan dulu apakah layak atau tidak untuk dilakukan pemeriksaan," kata Haydar di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Senin (24/8).

"Yang kedua baru kita tadi untuk lakukan pengecekan lokasi di TKP kebakaran dan ini masih dalam proses pemeriksaan. Kita juga masih menunggu layout daripada lokasi TKP yang terbakar itu," sambung dia.

Dia mengatakan sejumlah CCTV di sekitar lokasi kebakaran juga sudah diamankan. Saat ini rekaman CCTV itu masih diperiksa.

"Di sini masih dalam proses pemeriksaan itu saja," ujar Haydar.

(knv/fjp)