Ingin Kuliah di ITB? Berikut Beberapa Hal yang Harus Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 16:52 WIB
logo itb
Ingin Kuliah di ITB? Berikut Beberapa Hal yang Harus Diketahui ( Foto: logo itb)
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan ITB atau Institut Teknologi Bandung? Ya, salah satu institut perguruan tinggi negeri ini menjadi favorit banyak orang karena menghasilkan lulusan yang sangat berkualitas. Lulusan ITB selalu menjadi incaran banyak lapangan pekerjaan entah itu dari ITB Jatinagor maupun dari Ganesha atau Cirebon.

Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. ITB kini telah berusia lebih dari 50 tahun dan masih berkontribusi aktif untuk mendukung pendidikan dari banyak anak bangsa.

Apa Saja Fakultas dan Program Studi di ITB?

Untuk masalah fakultas dan juga program studi yang ada dan disediakan oleh pihak ITB sendiri ada banyak yaitu ada 12 fakultas. Berikut pembahasan setiap fakultasnya:

1. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati dengan Program studi seperti; Agribisnis, biologi, kehutanan, dan teknik pertanian.
2. Sekolah Bisnis dan Manajemen meliputi program studi seperti Bisnis dan Manajemen itu sendiri
3. Sekolah Farmasi berisi program studi farmasi
4. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika berisi teknik informatika, Teknik elektro, Ilmu komputer, dan lain sebagainya.
5. Sekolah Arsitek, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan yang program studinya meliputi Pariwisata Arsitektur, dan lainnya.
6. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian dengan Program Studi seperti Teknik Geodesi. Teknik Geologi, Kelautan, dan lainnya
7. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, program studinya ada Geofisika, teknik pertambangan, dan lain sebagainya.
8. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara. Fakultas ini memiliki program studi yaitu Aeronotika dan Astronotika, Teknik Mesin, dan juga teknik material.
9. fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan dengan Program Studi seperti Pendidikan matematika, fisika, kimia, dan lainnya.
10. Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan program studi seni rupa, desain, dan desain visual.
11. Fakultas Teknologi Industri yang program studinya meliputi ilmu dan teknologi pangan, teknik industri, dan lainnya.
12. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang program studinya adalah Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Kelautan, dan lainnya.

Ada 3 Lokasi Kampus ITB?

1. Kampus Ganesha


Kampus Ganesha adalah kampus utama dari ITB itu sendiri. Kampus ITB yang satu ini terletak di Jl. Ganesa 10, Bandung. Hingga saat ini hampir semua kegiatan perkuliahan di kampus yang satu ini. Bangunan gedung di Kampus Ganesha ini adalah perpaduan bangunan pada zaman dahulu dan juga sekarang yang menimbulkan efek yang sangat luar biasa indahnya serta berpadu dengan rimbunnya pepohonan serta lahan hijau yang cukup luas.

Di sini merupakan tempat dari Plaza Widya, Monumen Persahabatan dan Tugu Soekarno, Kanal Air, Lebtek Biru, kemahasiswaan ITB, Perpustakaan Pusat, dan sebagian besar ruang belajar mahasiswa.

2. Kampus Jatinangor

Karena keterbatasan lahan sedangkan kebutuhan fasilitas untuk pendidikan yang semakin besar maka akhirnya ITB membangun kembali kampusnya di Jatinangor. Kampus ITB Jatinagor ini juga masih sering melakukan pengembangan kembali untuk mendukung pendidikan mahasiswa. Pada kampus Jatinangor sendiri terdapat banyak bangunan penting seperti Gedung Rektorat dan Pusat Administrasi, gedung fakultas teknik, ekonomi, dan kehutanan, 84 ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan lain sebagainya.

3. Kampus Cirebon


Dan yang terakhir adalah kampus Cirebon. Kampus ini dibangun dengan lahan seluas 30 hektar yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan riset nasional. Kampus yang satu ini baru saja dibangun untuk menciptakan Multi kampus sehingga selain di Ganesha, ada Jatinangor dan juga Cirebon.

Bagaimana Cara Masuk ke ITB?

Untuk masuk ke ITB khususnya untuk Program Sarjana ada tiga jalur yang dapat ditempuh. Berikut penjelasannya:

1. SNMPTN


Yang pertama adalah dengan menggunakan jalur SNMPTN. Detikers bisa masuk melalui SNMPTN ini dengan menggunakan nilai rapor SMA yang seleksinya dilakukan secara nasional. Tidak semua mahasiswa dapat lolos untuk bisa mengikuti SNMPTN ini, sehingga bagi kamu yang sedang sekolah jangan bermalas-malasan untuk belajar dan kejar nilai terbaik, usahakan terus naik ya!

2. SBMPTN

Ketika Detikers tidak lolos masuk SNMPTN, maka bisa melanjutkan untuk tes seleksi masuk dengan menggunakan jalur SBMPTN. Bedanya, Detikers harus tes tulis yang i=kini namanya berganti menjadi UTBK atau Ujian Tulis Berstandar Komputer jadi tidak perlu lagi menggunakan pensil 2B.

3. Mandiri

Jika detikers masih saja gagal di SBMPTN, selanjutnya bisa mengikuti tes mandiri. Tes ini dilaksanakan oleh pihak ITB sendiri tanpa campur tangan panitia seleksi masuk secara nasional. Tahapan ini merupakan tahapan yang terakhir sehingga jangan sampai disia-siakan.

Apa Saja Fasilitas di ITB

Berbicara mengenai fasilitas tentu sudah tidak heran lagi jika ITB merupakan kampus dengan fasilitas yang sangat lengkap. Dari mulai fasilitas pendidikan maupun fasilitas pendukung. Dengan berkuliah di ITB maka Detikers bisa merasakan berbagai jenis fasilitas seperti laboratorium, ruang kelas yang nyaman, tempat ibadah, kantin, koperasi, tempat olahraga, asrama, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana Biaya Kuliah di ITB?

Untuk biaya kuliah sendiri, ITB sudah sama dengan perguruan tinggi negeri lainnya yaitu dengan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Yang mana biaya kuliah ini dibayarkan pada awal semester sehingga detikers tidak perlu membayar untuk per SKS yang diambil. Biaya untuk setiap jalur juga berbeda-beda, untuk yang lolos dari jalur SNMPTN merupakan yang paling murah, disusul jalur SBMPTN, dan jalur Mandiri lah yang paling mahal.

Namun setiap jalur masuk ini juga masih dibagi menjadi 4 golongan dari yang paling murah ke yang paling mahal. Penentuan besar UKT ini berdasarkan atas penghasilan orang tua dari mahasiswa sehingga tidak akan berat jika memang mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu UKT-nya bisa saja 0 rupiah dengan masuk ke golongan IV.

Apakah Ada Beasiswa yang Bisa Didapatkan Selama Kuliah?

Untuk masalah beasiswa sendiri ada banyak sekali. Detikers bisa langsung menghubungi akademik ITB atau mencari informasi sendiri terkait dengan beasiswa tersebut. Asal selalu update informasi maka beasiswa ini akan mudah didapatkan.
Detikers ketika belajar di ITB bisa mengikuti beberapa beasiswa yang sering ada dan juga sering diikuti mahasiswa ITB seperti Bidik Misi, Beasiswa Unggulan, Beasiswa PPA, dan masih banyak lagi yang lainnya.

ITB yang memiliki 3 kampus utama yaitu kampus ITB Jatinagor, Ganesha, dan Cirebon menjadi kampus impian banyak orang ini persaingannya sangat ketat. Sehingga untuk kamu yang ingin kuliah di ITB jangan lupa untuk siapkan semuanya dari mulai sekarang.

(erd/erd)