Labfor-Inafis Periksa Konstruksi Gedung Kejagung Sebelum Olah TKP Kebakaran

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 14:05 WIB
Kepala Puslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar
Kepala Puslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Tim gabungan Polri memeriksa konstruksi gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) yang terbakar sebelum memulai proses olah tempat kejadian perkara (TKP). Pemeriksaan gedung dimaksudkan untuk memastikan proses olah TKP berjalan aman.

Pantauan detikcom, Senin (24/8/2020), tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya bergerak menuju bagian dalam gedung. Tampak hadir Kepala Puslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo, Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade, Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvin Simanjuntak, hingga Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP.

"Tadi barusan kita lakukan pengecekan. Kami didampingi tim Bareskrim Polri dengan Ditkrimum Polda Metro Jaya dari Inafis dan dari staf Kejaksaan Agung. Yang pertama kami lakukan pengecekan konstruksi bangunan dulu apakah layak atau tidak untuk dilakukan pemeriksaan," kata Haydar di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan.

"Yang kedua baru kita tadi untuk lakukan pengecekan lokasi di TKP kebakaran dan ini masih dalam proses pemeriksaan. Kita juga masih menunggu layout daripada lokasi TKP yang terbakar itu," sambung dia.

Haydar belum bisa membeberkan mengenai hasil pemeriksaan mengenai konstruksi gedung tersebut. Pemeriksaan, kata dia, memerlukan proses yang relatif lama.

"Setelah dilakukan pengecekan konstruksi dalam keadaan aman baru. Ini masih proses untuk melakukan pemeriksaan olah TKP," ujar dia.

Dia mengatakan sejumlah CCTV di sekitar lokasi kebakaran juga sudah diamankan. Saat ini rekaman CCTV itu masih diperiksa.

"Di sini masih dalam proses pemeriksaan itu saja," ujar Haydar.

Ada 12 orang tim Labfor yang dikerahkan hari ini. Selain itu, ada tambahan 10 orang dari tim Inafis.

Simak video 'Puslabfor Polri: Pemeriksaan TKP Kebakaran Gedung Kejagung Dilakukan Secara Berlaka':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/hri)