Jokowi Minta Urusan Data Penyaluran Bantuan Selesai Pertengahan September

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 11:47 WIB
Jokowi
Presiden Jokowi / Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti penyaluran bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Urusan data menghambat bantuan diterima oleh masyarakat.

"Skema cash transfer, bantuan langsung ke masyarakat, saya minta untuk dipercepat, Pak Menko PMK," kata Jokowi saat Ratas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (24/8/2020).

Jokowi menuturkan sebenarnya sudah banyak bentuk bantuan yang diberikan ke masyarakat. Ada BLT desa, bantuan sosial tunai, bantuan pangan nontunai, hingga banpres produktif dan subsidi gaji karyawan. Dia meminta semuanya dipantau.

"Ini betul-betul diikuti agar ini yang paling banyak terkendala adalah urusan data, urusan nomor akun di bank. Ini yang agak menghambat kita," ujarnya.

"Saya harap pertengahan Agustus sampai pertengahan September itu sudah selesai," tegas Jokowi.

Dalam ratas tersebut, Presiden Jokowi juga meminta promosi untuk pemakaian masker digencarkan. Menurutnya, promosi itu sekarang belum kelihatan.

Jokowi juga meminta anak buahnya berkoordinasi dengan Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam menyampaikan pernyataan soal Corona. Ini karena masalah komunikasi pemerintah menjadi sorotan media asing.

(imk/fjp)