Niat Puasa Senin Kamis dan Jadwal Sholat Hari Ini

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 11:35 WIB
Wanita hijab berdoa
Niat puasa Senin-Kamis. Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Menurut hadits riwayat Imam Abu Dawud, Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan puasa Senin dan Kamis. Niat puasa Senin - Kamis boleh dibaca setelah fajar atau terbit matahari.

Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri karena hukumnya sunnah, niat puasa Senin Kamis bisa dibaca setelah fajar atau terbit matahari. "Syaratnya ia belum makan apa pun," kata Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri seperti dikutip Tim Hikmah detikcom dari Kitab Minhajul Muslim.

Puasa Senin dan Kamis menjadi salah satu ibadah sunnah yang dapat meningkatkan keimanan seorang muslim. Berpuasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah tubuh dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan. Dan dapat menyingkirkan kebiasaan makan yang buruk seperti mengonsumsi makanan atau minuman terlalu manis hingga merokok.

Berikut ini bacaan niat puasa Senin - Kamis

Bacaan niat puasa Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala"

Bacaan niat puasa Kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

Selain membahas tentang puasa Senin - Kamis. Tentu ada juga jadwal sholat hari ini untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang perlu diperhatikan.

Jadwal sholat hari ini Senin (24/08/2020) yang dikutip dalam bimaislam.kemenag.go.id:

- Subuh (04:41)
- Dzuhur (11:58)
- Ashar (15:18)
- Maghrib (17:57)
- Isya (19:06)

Sholat menjadi tiang agama dan hukumnya wajib dilakukan dalam lima kali sehari. Salah satu keutamaan sholat ialah dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ankabuut ayat 45:

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Artinya: "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Sedangkan keutamaan niat puasa Senin dan Kamis disebutkan Abu Hurairah dalam hadits Imam at-Tirmidzi. "Berbagai amalan manusia dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dilaporkan saat aku sedang berpuasa." (HR. Tirmidzi).

(lus/erd)