Gandeng BIN, Ditjen Imigrasi Gelar Tes Swab Corona Massal

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 10:35 WIB
Tes swab di Kantor Ditjen Imigrasi (Sachril/detikcom)
Foto: Tes swab di Kantor Ditjen Imigrasi (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Jendral (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) menggelar tes swab virus Corona (COVID-19). Tes swab ini bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN.

Tes swab ini ditujukan untuk seluruh pegawai Ditjen Imigrasi. Tes ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini dan pencegahan virus Corona (COVID-19) di perkantoran.

Pantauan detikcom, Senin (24/8/2020), kursi dan tenda tampak tersedia di halaman Kantor Ditjen Imigrasi, Jakarta Selatan. Tampak para pegawai Ditjen Imigrasi mengantre sejak pukul 08.30 WIB.

Pegawai yang akan mengikuti tes swab diharuskan untuk melakukan registrasi. Ada 4 petugas yang memeriksa kelengkapan administrasi peserta. Setelah dokumen lengkap, peserta akan diminta mengantre di barisan selanjutnya.

Tes swab di Kantor Ditjen Imigrasi (Sachril/detikcom)Tes swab di Kantor Ditjen Imigrasi (Sachril/detikcom)

Peserta pun akan diminta melakukan registrasi ulang. Setelah registrasi, peserta yang akan menjalani tes swab menunggu sampai namanya dipanggil.

Swab test ini dilakukan di dalam tenda. Usai namanya dipanggil, pegawai Ditjen Imigrasi mengarah ke dalam tenda untuk melakukan swab test.

Di dalam tenda sudah ada petugas medis. Seluruh petugas medis yang melakukan pemeriksaan terlihat memakai alat pelindung diri (APD). Usai melakukan tes swab, peserta keluar dan kembali ke dalam gedung Ditjen Imigrasi.

Sebelumnya, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dilaporkan terpapar virus Corona. Akibatnya, Gedung Imigrasi sempat ditutup dari 12-21 Agustus 2020 lalu.

(mae/mae)