Sempat Dievakuasi Saat Kebakaran, 25 Tahanan Dibawa Lagi ke Kejagung Sore Ini

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 17:11 WIB
Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono. ( Farih Maulana Sidik/detikcom)
Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 25 tahanan yang dievakuasi pasca kebakaran akan kembali dibawa ke gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). Pengembalian tahanan ini direncanakan dilakukan sore ini.

"Jika memang sudah memenuhi syarat, maka pelaksanaannya direncanakan dilaksanakan pada sore hari ini," ujar Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono di Gedung Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2020).

Hari mengatakan posisi rumah tahanan (rutan) yang berada di Kejagung jauh dari lokasi gedung terbakar. Namun, menurutnya, pemindahan tahanan dilakukan sebagai upaya antisipasi.

"Untuk tahanan sebetulnya posisi Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung dengan gedung utama, ini cukup jauh. Namun demikian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan dan mengganggu terhadap kesehatan para tahanan maka tadi malam sekitar jam 9 proses evakuasi dilakukan, terhadap 25 tahanan. Sementara dipindahkan ke rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," kata Hari.

Hari menilai saat ini kondisi di Kejagung telah cukup baik. Dia juga mengatakan Direktur Penuntutan rutan Salemba telah melakukan peninjauan ruangan untuk menempatkan kembali tahanan.

"Kita semua tahu sekarang kondisinya sudah cukup bagus, udara cukup bagus, tadi saya melihat Direktur Penuntutan akan mengembalikan tahanan itu dari Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, kembali ke Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung," kata Hari.

"Tadi saya sudah lihat direktur penuntutan sudah menuju ke rutan yang di gedung parkir, beliau sedang mengadakan pengecekan terhadap ruangan-ruangan," sambungnya.

Sebelumnya, 25 tahanan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung telah dievakuasi ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Jaksa Pinangki Sirna Malasari turut dievakuasi bersama tahanan lainnya.

Untuk diketahui, kebakaran hebat melanda Gedung Kejagung sejak Sabtu malam lalu, sekitar pukul 19.10 WIB. Kobaran api melalap total 6 lantai bangunan gedung tersebut.

Kejaksaan Agung memastikan tahanan dalam kondisi aman terkait kebakaran besar yang terjadi di gedung Kepegawaian Kejagung.

Tonton video '15 Saksi Diperiksa Terkait Kebakaran Kantor Kejagung':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dhn)