Penampakan Before-After Gedung Kejagung yang Kebakaran 11 Jam

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 13:14 WIB
Petugas Damkar telah berhasil memadamkan kebakaran di Gedung Kejagung. Kini mereka bisa beristirahat setelah belasan jam melawan api.
Petugas damkar telah berhasil memadamkan kebakaran di gedung Kejagung. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gedung Kejagung RI habis terbakar setelah 11 jam dilalap api. Proses pendinginan masih dilakukan oleh sejumlah petugas pemadam kebakaran di lokasi.

"Seluruh gedung sudah habis terbakar," kata Humas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Mulat Wijayanto dalam keterangannya, Minggu (23/8/2020).

Penampakan gedung Kejagung RI kini sudah tampak berbeda setelah terbakar berjam-jam. Tampak sebagian dinding gedung menghitam akibat kebakaran.

Logo Kejaksaan Agung juga tak lagi utuh, termasuk tulisannnya. Pada logo yang seharusnya bertulisan 'Satya Adhi Wicaksana', kini hanya tersisa tulisan 'Satya Adhi' saja.

Demikian juga dengan tulisan besar 'Kejaksaan Agung RI' yang tak luput dari kobaran api. Pasca-kebakaran, tulisan itu hanya bisa terbaca separuhnya.

<

Sementara itu, gedung bagian sisi kiri dan kanan terlihat sudah hangus terbakar. Pemadam sampai saat ini masih berada di lokasi untuk menyisir masih ada tidaknya titik api. Pendinginan juga masih dilakukan.

Seperti diketahui, gedung yang terbakar merupakan gedung utama Kejagung yang mana merupakan kantor Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung serta beberapa jaksa agung muda dan sejumlah biro kejaksaan.

Api berkobar di gedung Kejagung RI sejak Sabtu (22/8) malam dan baru berhasil dipadamkan pukul 04.30 WIB pagi. Penyebab kebakaran itu saat ini masih ditelusuri.

"Hari ini tim Labfor dengan Inafis yang sudah kita bentuk akan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

"Kami sudah sementara sudah memetakan beberapa saksi dan nanti akan dimintai keterangan," imbuh Nana.

Tonton video 'Gedung Utama Kejaksaan Agung Ludes Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/tor)