Terpopuler Sepekan

Hoax Baju China di Rp 75 Ribu Bikin Geram dan Prihatin

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 12:24 WIB
Uang Khusus HUT RI ke-75
Uang Rp 75 Ribu (Dok. Bank Indonesia)
Jakarta -

Sepekan belakangan, ada hoax yang menyeruak dari Twitter, yakni hoax soal masuknya gambar baju adat China di uang kertas baru Rp 75 ribu. Kehebohan di dunia maya itu bikin geram dan prihatin, sekaligus membuka mata terhadap sekelumit budaya Tidung.

Awalnya, ada akun Twitter @Rianaaa_na09 yang mengomentari perihal gambar di uang baru Rp 75 ribu. Dia mempertanyakan asal baju adat tersebut. Kemudian ada akun lain yang menjawab baju adat itu berasal dari China. Narasi soal baju adat China ini kemudian diteruskan oleh akun anonim @2nd_NN4y4r4.

Narasi bahwa ada gambar budaya China di uang baru menyebar bak virus. Namun, tidak butuh waktu lama, hoax ini segera terklarifikasi.

Sahabat Pandu Kalimantan Utara, Prayoga Bayu, menegaskan bahwa baju adat dalam uang baru itu adalah baju adat Tidung, Kalimantan Utara. Sahabat Pandu adalah organisasi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memperkenal budaya lokal.

"Itu baju adat asli Kalimantan Utara. Baju adat Tidung dari Suku Tidung. Sekarang jadi baju adat Provinsi Kalimantan Utara," kata Prayoga Bayu dari Sahabat Pandu Kalimantan Utara, saat dihubungi detikcom, Selasa (18/8).

Di suasana perayaan ke-75 kemerdekaan RI, uang baru itu diterbitkan oleh negara. Nuansa baju adat berbagai daerah ditampilkan di uang baru itu, termasuk gambar seorang anak yang memakai baju adat Tidung.

Dikutip dari buku 'Pakaian Adat Sebagai Identitas Etnis: Rekonstruksi Identitas Suku Tidung Ulun Pagun' yang ditulis oleh Neni Puji Nur Rahmawati dan Septi Dhanik Prastiwi, pakaian adat Tidung terdiri atas Pelimbangan dan Kurung Bantut (pakaian sehari-hari), selampoy (pakaian adat), Talulandom (pakaian resmi), dan Sina Beranti (pakaian Pengantin).

Seorang anak dengan baju Tidung menjadi model uang baru (dok. Istimewa)Anak yang ada di duit Rp 75 ribu, mengenakan busana adat Tidung. (Foto: Istimewa)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3