KIP Kuliah: Penjelasan, Fasilitas dan Manfaatnya

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 10:36 WIB
kip
ilustrasi KIP Kuliah: Penjelasan, Fasilitas dan Manfaatnya (Foto: Deni Prastyo Utomo0
Jakarta -

Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, namun tersandung masalah biaya ! Kini detikers, tidak perlu khawatir, hadirnya KIP kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini, akan membantu kamu untuk mewujudkan impian tersebut.


Apa itu KIP Kuliah

KIP kuliah atau kartu KIP kuliah, ini adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pihak pemerintah, bagi lulusan Sekolah Menengah Atas / SMA atau yang sederajat, yang mempunyai potensi akademik baik, tapi mempunyai kendala dalam hal ekonomi. Pemberian KIP kuliah ini, berbeda dengan beasiswa, yang hanya berfokus pada pemberian penghargaan atau juga dukungan dana, pada mereka yang berprestasi saja.

Selain itu, syarat prestasi pada KIP sendiri, lebih ditujukan untuk menjamin bahwa kamu yang akan menerima KIP kuliah nantinya benar-benar terseleksi, dan mempunyai potensi serta kemampuan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi tersebut.

Fasilitas pembiayaan KIP Kuliah

Untuk membantu para detikers yang ingin kuliah, KIP kuliah Kemendikbud tersebut juga memberikan beberapa fasilitas pembiayaan, antara lain :
1. Pendaftaran KIP Kuliah sendiri, tidak dikenakan biaya.
2. Membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN 2020, dan seleksi lainnya yang diterapkan sebelumnya oleh masing-masing panitia dan PT (Perguruan Tinggi).
3. Adanya penggantian biaya kedatangan pertama bagi para pendaftar KIP kuliah, yang telah ditetapkan sebagai penerima KIP kuliah, dengan ketentuan dari perundang-undangan yang berlaku.
4. Yang menarik adalah, detikers bebas dari aneka biaya pendidikan, yang kelak dibayarkan pada pihak perguruan tinggi.
5. Selain itu, detikers juga akan memperoleh subsidi biaya hidup sebesar 700 ribuan rupiah per bulannya. Tentunya hal ini akan disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup pada masing-masing daerah.
Apabila ada pihak-pihak yang meminta pungutan biaya, pada para calon pendaftar, maka pihak pendaftar / penerima KIP Kuliah, dalam hal ini kamu, dapat melapor ke Helpdesk KIP Kuliah. Pastinya biaya pungutan tersebut, di luar ketentuan yang telah disebutkan di atas.

Syarat daftar KIP kuliah


Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendaftar di program KIP kuliah Kemdikbud tahun 2020 kali ini adalah :
1. Kamu, sebagai penerima KIP Kuliah ini harus siswa SMA atau sederajat, yang lulus atau juga akan lulus pada tahun yang sedang berjalan, atau setidaknya dinyatakan lulus, maksimal 2 tahun sebelumya. Selain itu, kamu juga harus mempunyai NISN, NPSN dan juga NIK yang masih valid.
2. Kamu juga harus mempunyai potensi akademik yang baik, namun mempunyai masalah dalam hal ekonomi. Tentu saja hal ini didukung oleh bukti dokumen yang sah.
3. Selain mempunyai potensi nilai akademik yang baik, juga harus mempunyai kartu KIP.
4. Syarat lainnya adalah mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.
5. Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B. Ada juga pertimbangan tertentu pada prodi dengan Akreditasi C.

Tahapan pendaftaran KIP kuliah

Berikut ini adalah cara mendaftar KIP kuliah 2020 yang harus kamu ketahui :
1. Detikers dapat langsung mendaftar secara mandiri di Web Sistem KIP Kuliah, yang ada di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, atau bisa juga melalui KIP kuliah di mobile apps.
2. Pada saat pendaftaran, masukkan NIK, NISN, NPSN dan juga alamat email yang aktif dan juga valid.
3. Selanjutnya sistem KIP akan melakukan validasi pada NIK, NISN, NPSN dan juga kelayakan mendapatkan KIP Kuliah tersebut atau tidak.
4. Jika berhasil, maka Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang sebelumnya kamu daftarkan.
5. Berikutnya detikers hanya harus menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti. Baik itu SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN atau juga jalur Mandiri.
6. Kemudian detikers akan menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi, yang tentu saja sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih sebelumnya. Namun sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, tidak masalah jika kamu melakukan pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional (SNMPTN dan juga SBMPTN), terlebih dahulu. Proses sinkronisasi ini, nantinya akan dilakukan dengan skema host to host.
7. Jika kamu dinyatakan lulus dan diterima di perguruan tinggi, berikutnya dapat melakukan proses verifikasi lebih lanjut, oleh pihak Perguruan tinggi tersebut, sebelum nantinya diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Keunggulan KIP kuliah

Dengan memanfaatkan kebijakan yang satu ini, akan ada beberapa keunggulan yang akan para detikers peroleh, antara lain :
1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi, yaitu sekitar lebih dari 400.000 orang, untuk tahun 2020. Sedangkan Bidikmisi tahun 2019 hanya sekitar 130.000 beasiswa.
2. Kali ini, jalur yang diberikan, akan lebih banyak ke jalur pendidikan Vokasi.
3. Sudah menggunakan sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
4. Dalam hal ini, KIP Kuliah sendiri akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu KIP kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
5. Adapun KIP Kuliah Afrmasi sendiri, meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), umumnya akan diberikan pada ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.


Jadwal pendaftaran dan Penutupan KIP kuliah 2020

Adapun jadwal pendaftaran dan penutupan KIP Kuliah tahun 2020 kali ini adalah :

1. Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah akan dimulai pada 26 Februari 2020 hingga 31 Oktober 2020.
2. Proses seleksi SNMPTN dimulai pada 02 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.
3. Proses seleksi Mandiri PTN akan dimulai pada 18 Mei 2020 hingga 30 September 2020.
4. Proses seleksi SBMPTN akan dimulai pada 25 Februari 2020 hingga 13 Maret 2020.
5. Proses seleksi UTBK-SBMPTN akan dimulai pada 18 Mei 2020 hingga 19 Juni 2020.
6. Proses seleksi SBMPTN akan dimulai pada 18 Mei 2020 hingga 24 Juni 2020.
7. Adapun proses seleksi pada jalur Mandiri PTS sendiri akan dimulai pada 08 Juli 2020 hingga 31 Oktober 2020.

Tentunya jadwal kegiatan ini dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Kapan pengumuman penerima KIP kuliah

Karena KIP Kuliah ini adalah bantuan biaya pendidikan, untuk kamu Mahasiswa yang lulus seleksi Masuk PT. Maka pengumuman penerima KIP Kuliah tersebut, juga setelah detikers mendaftar ulang sebagai mahasiswa di PT yang akan dimasuki tersebut.

Setelah mendaftar ulang, maka detikers akan diverifikasi kelayakan sebagai penerima KIP kuliah. Dalam proses daftar ulang tersebut, semua pendaftar KIP Kuliah yang sudah mendaftar sesuai prosedur yang berlaku, pastinya akan langsung dibebaskan dari berbagai biaya daftar ulang dan biaya pendidikan lainnya.

Setelah mendapatkan informasi tentang KIP Kuliah di atas kini detikers yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tidak perlu ambil pusing. Ikuti aja berbagai macam prosedur yang disebutkan di atas !

(erd/erd)