Cara Daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah yang Akan Ditutup 31 Maret

Niken Widya Yunita - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 18:03 WIB
kip
Foto: Deni Prastyo Utomo/Cara Daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah yang akan Ditutup 31 Maret
Jakarta -

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu akan ditutup 31 Maret 2020 ini. Begini mekanisme pendaftaran SNMPTN-nya.

Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) pendaftaran untuk SNMPTN dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah, https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tapi memiliki keterbatasan ekonomi. KIP Kuliah membebaskan biaya kuliah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup Rp 700 ribu per bulan.


Berikut Cara Daftar SNMPTN untuk KIP Kuliah dilansir dari situs Kemendikbud:

1. Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id diwajibkan bagi:

a. Siswa yang sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara mandiri pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
b. Siswa yang sudah memiliki akun LTMPT.
c. Siswa yang sudah mendaftar atau yang akan mendaftar SNMPTN 2020 (karena menunggu Kepemilikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020).

2. Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT dapat dilakukan dengan cara:

a. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang sudah dimiliki.
b. Pilih menu "Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah", dan
c. Isikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah yang sudah dimiliki.

3. Pendaftaran SNMPTN 2020 bagi siswa yang telah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan sudah melakukan Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah seperti dijelaskan dalam nomor 1 dan 2 di atas, diatur sebagai berikut.

a. Siswa yang telah melakukan finalisasi (cetak kartu) tidak perlu melakukan pendaftaran SNMPTN lagi, karena proses sinkronisasi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT akan dilakukan secara otomatis.
b. Siswa yang sudah melakukan pendaftaran sampai dengan memilih program studi dan belum finalisasi, diharuskan melakukan Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020.
c. Siswa yang belum melakukan pendaftaran, disilakan melakukan Pendaftaran sampai proses Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020.

4. Siswa yang memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya untuk Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Para calon mahasiswa juga diimbau untuk memantau akun resmi Instagram KIP Kuliah. Hal ini agar tidak ketinggalan informasi terbaru seputar KIP Kuliah.

(nwy/erd)