Bupati Mamuju Tengah Kerahkan Pawang Tangkap Belasan Buaya Liar

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 10:05 WIB
Buaya di Mamuju Tengah Ditangkap Warga dan Pawang
Buaya di Mamuju Tengah Ditangkap Warga dan Pawang (Foto: Istimewa)
Mamuju Tengah -

Belasan buaya liar yang selama ini bersarang di Sungai Budong-Budong, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), ditangkap. Penangkapan belasan buaya ini turut melibatkan pawang buaya dari sejumlah daerah.

Berdasarkan pantauan di Kantor Bupati Mamuju Tengah, di Jalan Poros Mamuju-Topoyo, Kecamatan Tobadak, Minggu (23/8/2020), belasan buaya yang berhasil ditangkap langsung dievakuasi ke halaman kantor bupati. Buaya itu juga diikat mulutnya dan keempat kaki buaya juga diikat menggunakan tali.

Tampak warga beramai-ramai datang untuk melihat kondisi buaya. Sejumlah pria dewasa berfoto sambil menunggangi punggung buaya, sementara lainnya menjadikan anak buaya sebagai bahan mainan, termasuk sejumlah bocah.

Buaya di Mamuju Tengah Ditangkap Warga dan PawangAnak buaya di Mamuju Tengah yang ditangkap warga dan pawang. (Foto: Istimewa)

Bupati Mamuju Tengah, Aras Tammauni, mengatakan pihaknya sengaja menghadirkan pawang dari sejumlah daerah untuk menangkap buaya di Sungai Budong-Budong. Penangkapan ini dilakukan setelah ada salah satu warga Mamuju Tengah dimangsa buaya.

"Saya terjun juga, baru-baru melihat masyarakat saya, menangis saya. Bayangkan hampir satu hari dibawa baru diperlihatkan, dipertontonkan kepada masyarakat, makanya saya betul-betul, pawang dari Palopo saya undang, pawang dari sini dikerahkan semua," kata Aras, kepada wartawan, Minggu (23/8/2020).

"Alhamdulillah, yang membunuh (buaya) di Barakkang sudah bisa diambil, yang membunuh kemarin masyarakat alhamdulillah sudah kita saksikan bersama," sambung Aras.

Selanjutnya
Halaman
1 2