Daftar UTM-BK Sekolah Vokasi IPB? Cek Pengumumannya di Link Ini

Rosmha Widiyani - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 05:00 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id/Daftar UTM-BK Sekolah Vokasi IPB? Cek Pengumumannya di Link Ini
Jakarta -

Pengumuman Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) Sekolah Vokasi IPB atau jalur seleksi mandiri kini sudah bisa diakses para peserta. Sebelumnya, para peserta telah mengikuti ujian yang dilakukan dalam dua gelombang.

Dikutip dari situs UTM-BK IPB, pengumuman untuk program sekolah vokasi bisa diakses pada Minggu (23/8/2020). Link pengumuman UTM-BK Sekolah Vokasi IPB bisa diakses di link https://admisi.ipb.ac.id/.

Bila peserta dinyatakan lulus UTM-BK Sekolah Vokasi IPB, tahap selanjutnya adalah registrasi online dan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Jadwal untuk tahap tersebut tersedia pada tanggal 25-27 Agustus 2020.

Sekolah Vokasi IPB memiliki 17 program studi diantaranya Komunikasi Ekowisata, Manajemen Informatika, Supervisor Jaminan Mutu Pangan,
Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi, Teknologi Industri Benih, Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan, Teknologi dan Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Manajemen Industri, dan Akuntansi.

Sekolah ini pertama kali dibuka pada tahun 1979 dengan nama Program Diploma IPB. Pada tahun 1980 program tersebut berubah nama menjadi Fakultas Politeknik Pertanian. Selanjutnya sejak 1992 Program Studi Pendidikan Diploma di IPB dikelola oleh jurusan atau fakultas yang ada di lingkungan IPB.

Pada tahun 2004 Majelis Wali Amanat IPB mengamanatkan politeknik sebagai wadah yang mengelola pendidikan vokasi. IPB lalu melakukan penataan dan restrukturisasi terhadap penyelenggaraan pendidikan program diploma di IPB. Akhirnya Program Diploma IPB bertransformasi menjadi Sekolah Vokasi IPB berdasarkan SK Rektor nomor 261/IT3/KP/2018 pada tanggal 3 Juli 2018.

Selain UTM-BK Sekolah Vokasi IPB, tersedia dua jalur lain untuk masuk PTN tersebut. Keduanya adalah jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) dan Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Jalur USMI adalah seleksi berdasarkan nilai rapor, sedangkan BUD melibatkan peran pemerintah daerah untuk mendapat tenaga sesuai kebutuhan wilayah setempat.

Materi ujian pada UTM-BK Sekolah Vokasi IPB adalah Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Peserta harus mengerjakan 25 soal dalam waktu 60 menit.

Soal UTM-BK Sekolah Vokasi IPB tersedia dalam bentuk pilihan ganda dan bentuk lainnya. Sistem penilaian yang digunakan adalah benar 100 persen, salah -25 persen, dan kosong dinilai nol. Untuk soal jenis lainnya, jawaban benar mendapat skor 100 persen dan 0 untuk yang salah atau kosong.

(row/pal)