Gagal UTBK SBMPTN, Masih Adakah Jalur Masuk PTN?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 14:33 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Tahapan UTBK SBMPTN sudah selesai. Hasil pengumuman SBMPTN juga sudah diumumkan pada 14 Agustus kemarin. Pengumuman ini resmi dilakukan oleh LTMPT UTBK SBMPTN dan bekerja sama dengan beberapa institusi yang lainnya.

Pada hari pengumuman ini menjadi suatu waktu yang sangat menentukan nasib untuk menuntut ilmu dan 80% menentukan kamu akan menjadi apa nantinya. Tidak hanya itu, hari pengumuman ini menjadi salah satu gerbang menuju kehidupan yang baru yang mana detikers mungkin ada yang harus merantau dan jauh dari orang tua. Mendapatkan teman yang baru, lingkungan baru, sistem pembelajaran yang baru serta sangat jauh dengan kesan sekolah.


Waktu Pengumuman UTBK SBMPTN

Pengumuman UTBK SBMPTN pada awalnya akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2020 dimajukan menjadi tanggal 14 Agustus 2020. Pengumuman ini dilakukan pada pukul 15.00 WIB. Hal ini diungkapkan pada laman Instagram resmi dari @ltmptofficial pada tanggal 9 Agustus 2020 yang mengungkapkan bahwa pengumuman SBMPTN akan dimajukan menjadi tanggal 14 Agustus 2020.

Hal ini juga menimbulkan pro dan kontra, namun jika nilai SBMPTN ini sudah jadi akan diumumkan cepat atau lambat hasilnya akan tetap sama sehingga jika memang kamu ditakdirkan diterima atau ditakdirkan tidak lolos entah diumumkan tanggal 14 atau 20 hasilnya sama saja.

Cara Melihat Pengumuman UTBK SBMPTN

Cara melihat pengumuman SBMPTN ini Anda bisa mengaksesnya di laman UTBK SBMPTN ac id yaitu di pengumuman-sbmptn.lmpt.ac.id-hasil UTBK SBMPTN 2020. Namun pada saat itu pastinya akan sangat banyak yang mengakses sehingga seringkali halaman pengumuman ini menjadi down.
Akhirnya kamu tidak segera melihat pengumuman dan makin deg-degan saja.

Nah untuk menyiasatinya adalah beberapa situs mirror di berbagai laman universitas seperti UI, UGM, Unair, Unsri, Untan, ITB, ITS, IPB, Unand, Unhas, dan Unsyah. Caranya adalah ketik https://sbmptn.(nama universitas).ac.id.

Kamu bisa memilih salah satu yang menurut paling mudah diakses. Kalau di antara universitas tersebut ada yang menjadi pilihan kamu di SBMPTN kali ini bisa juga memilihnya untuk mengakses pengumuman UTBK pada tahun ini.

Apa Itu Sertifikat UTBK SBMPTN?

Pada SBMPTN kali ini detikers bisa mengunduh sertifikat UTBK SBMPTN. Apakah itu? Sertifikat UTBK SBMPTN ini adalah nilai UTBK untuk SBMPTN 2020 yang telah kamu tempuh sebelumnya. Ya, kamu bisa melihat nilai dari setiap mata pelajaran yang telah kamu kerjakan pada saat UTBK kemarin yang kebetulan hanya satu mata ujian yaitu TPS atau Tes Potensi Skolastik.

Tapi di TPS sendiri ada pengelompokan yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Kuantitatif. Semua nilai akan muncul di sertifikat ini sehingga semuanya terasa sangat transparan. Sertifikat ini bisa kamu gunakan untuk mendaftar jalur mandiri asal perguruan tinggi-nya membuka jalur dengan nilai SBMPTN ini.

Waktu Sertifikat UTBK SBMPTN Bisa Diunduh

Tapi jangan senang dulu, pada saat pengumuman kamu hanya bisa melihat nilai di layar saja, bisa difoto atau di-screen shoot. Tapi jika hanya dengan cara seperti itu tentu tidak akan resmi sehingga kamu harus mengunduh sertifikat UTBK SBMPTN itu sendiri. Hasil UTBK bisa diunduh pada 15 Agustus 2020. Segera cetak hasil UTBK karena bisa digunakan untuk berbagai hal salah satunya untuk mendaftar di jalur mandiri.

Apakah Nilai UTBK SBMPTN bisa Digunakan untuk Masuk Perguruan Tinggi Jalur Mandiri?

Ada beberapa universitas yang membuka jalur mandiri untuk kamu yang ingin menggunakan nilai UTBK. Kamu harus jeli universitas mana yang membuka jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK sehingga kamu tidak perlu tes tulis kembali. Apalagi sedang pandemi, cara yang satu ini lebih efektif dari pada tes langsung di universitas masing-masing seperti beberapa tahun lalu.

Perguruan Tinggi Mana Saja yang Bisa Menggunakan Nilai UTBK SBMPTN untuk Jalur Mandirinya?

Setelah tahu bisa selanjutnya kamu juga harus tahu perguruan tinggi mana yang membuka jalur mandiri menggunakan nilai UTBK. Berikut 5 universitas yang bisa kamu lirik untuk jalur mandiri dengan cara menggunakan nilai UTBK kamu sekarang ini:
a. ITB
b. IPB
c. ITS
d. UGM
e. UNY

Jika kamu tidak lolos hari ini, coba untuk membuka laman mereka dan terus perbarui informasi agar tidak ketinggalan tes mandiri mereka.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Lolos UTBK SBMPTN?

Jika kamu lolos pada pengumuman SBMPTN kali ini, ada berbagai langkah selanjutnya yang perlu dilakuka. Selanjutnya cek laman universitas yang menerima kamu dan ikuti petunjuknya. Biasanya kamu harus melakukan pendaftaran ulang dan juga harus memenuhi beberapa dokumen penting sehingga kamu tidak bisa santai-santai manja tetapi harus mulai serius jangan sampai ketinggalan waktu untuk masuk.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Tidak Lolos UTBK SBMPTN?

Buat detikers yang tidak lolos pada UTBK SBMPTN tahun ini, masih ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Yuk dari pada sedih simak tips berikut ini:

1. Cari universitas yang membuka pendaftaran jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK karena akan mempermudah detikers agar tidak tes lagi.

2. Jangan hanya mendaftar di satu perguruan tinggi saja, langsung cari sebanyak-banyaknya dan ikuti tes mandiri mereka.

3. Belajar yang lebih giat untuk jalur mandiri yang harus tes.


Proses UTBK SBMPTN sudah selesai. Tapi SBMPTN bukan satu satunya jalan untuk kuliah di perguruan tinggi idaman. Jika belum lolos di jalur SBMPTN, ada sejumlah perguruan tinggi yang membuka jalur seleksi mandiri.

(erd/erd)