6 Pelempar Bom Molotov ke Rumah Karyawan Perkebunan di Lutim Sulsel Ditangkap

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 17:41 WIB
Kapolres Luwu Timur AKBP Indratmoko (dok. Istimewa).
Kapolres Luwu Timur AKBP Indratmoko (Foto: dok. Istimewa)
Luwu Timur -

Enam pelaku pelemparan bom molotov ke rumah milik karyawan perusahaan perkebunan inisial IH alias Iwan (31) di Luwu Timur (Lutim), Sulsel, sudah ditangkap polisi. Para pelaku itu langsung digelandang ke Polsek Burau, Lutim.

"Pelaku ada enam orang, semuanya sudah kita tangkap," kata Kapolres Luwu Timur AKBP Indratmoko saat dihubungi, Sabtu (22/8/2020).

Para pelaku pelemparan bom molotov tersebut masing-masing bernama Hilal (27), Rino (29), Arman (24), Syahrul (24), Guntur (20), dan Rifal (21). Mereka telah digelandang ke Polsek Burau, Luwu Timur, pada pukul 12.30 Wita.

Indratmoko menyebut aksi pelemparan bom molotov ke arah rumah korban itu didasari kekesalan para pelaku akibat ada salah seorang rekan korban yang mengaku sebagai jagoan. Karena kesal, para pelaku justru menjadikan rumah korban sebagai sasaran molotov.

"Pelaku tersinggung dengan ucapan kawan korban (yang mengaku jagoan) pada sore sebelum kejadian. Sementara korban dia nggak berkaitan langsung sama masalah ini, nggak pernah ada masalah," kata Indratmoko.

Diberitakan sebelumnya, rumah korban IH alias Iwan, yang berada di Kampung Lalego, Kecamatan Burau, Luwu Timur, nyaris hangus dilalap api setelah tiba-tiba diserang molotov oleh Hilal dan kawan-kawannya pada Jumat (21/8) sekitar pukul 21. 30 Wita. Beruntung, istri Iwan sigap meminta bantuan kepada Kepala Desa serta warga setempat.

"Jadi mereka mengakui melempar botol yang berisi bensin ke arah rumah korban setelah melakukan pelemparan dengan batu," beber Indratmoko.

Akibat aksinya, keenam pelaku tersebut dijerat polisi dengan Pasal 170, Pasal 187, dan Pasal 53 KUHP.

(nvl/nvl)