Mangsa Warga Saat Buang Air, Buaya 5 Meter di Mamuju Tengah Ditangkap

Abdy Febriady - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 15:05 WIB
Buaya di Mamuju Tengah ditangkap warga (dok. Istimewa).
Buaya di Mamuju Tengah ditangkap warga. (Foto: dok. Istimewa)
Mamuju Tengah -

Seekor buaya dengan panjang 5 meter di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar), ditangkap warga. Buaya tersebut sebelumnya memangsa seorang pemuda, Asrianto (25), saat hendak buang air besar di Sungai Budong-Budong, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah.

"Saat mendapat informasi ada warga saya di Pangangalloang diterkam buaya, saya langsung telepon pawang untuk melakukan operasi," kata Bupati Mamuju Tengah Aras Tammauni kepada wartawan, Sabtu (22/5/2020).

Bersama warga Desa Pangangalloang, pawang yang didatangkan tersebut berhasil menangkap buaya pada Sabtu (22/8) dini hari tadi. Selanjutnya buaya tersebut dievakuasi ke halaman kantor Bupati Mamuju Tengah, Jalan Poros Mamuju-Topoyo, Kecamatan Tobadak.

Buaya di Mamuju Tengah ditangkap warga (dok. Istimewa).Buaya di Mamuju Tengah ditangkap warga. (Foto: dok. Istimewa)

Hingga kini banyak warga yang datang ke halaman kantor Bupati Mamuju Tengah untuk menyaksikan buaya tersebut. Agar tidak membahayakan, keempat kaki dan mulut buaya diikat tali. Sesekali warga menyiram buaya dengan air, agar tidak berontak karena kepanasan.

Selama buaya diamankan, banyak warga yang mengabadikan foto buaya pemangsa ini, bahkan tidak sedikit di antaranya yang nekat menunggangi punggung buaya.

Buaya di Mamuju Tengah ditangkap warga (dok. Istimewa).Buaya di Mamuju Tengah ditangkap warga (Foto: dok. Istimewa)

Salah seorang warga, Haji Hamrul, berharap Pemkab Mamuju Tengah terus berupaya agar tidak ada warga lagi yang tewas dimangsa buaya di sungai.

"Ada lagi kejadian masyarakat ditelan buaya, bagaimana ke depan, di Sungai Budong-Budong. Kalau bisa diantisipasi, jangan lagi ada kejadian," katanya.

Warga di Mamuju Tengah yang tinggal di bantaran Sungai Budong-Budong diminta selalu waspada dan berhati-hati terhadap serangan buaya selanjutnya.

Untuk diketahui, Asrianto, yang diserang buaya saat hendak buang air di Sungai Budong-Budong, akhirnya meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Dia mengalami luka parah setelah diserang buaya pada Selasa (4/8).

Sebelumnya, seorang ibu rumah tangga Hasmila (40) juga tewas dimangsa buaya saat hendak buang air di sungai. Jenazah Hasmila ditemukan sehari setelah diterkam buaya dengan beberapa bekas luka gigitan pada tubuhnya.

(nvl/nvl)