ADVERTISEMENT

Round-Up

Penghormatan Tertinggi untuk Burung Besi Karya Eyang Habibie

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 06:22 WIB
Pesawat N250 Gatotkaca sudah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Pesawat N250 Gatotkaca (Jauh Hari Wawan S)

Pesawat N250 merupakan masterpiece Presiden ke-3 Republik Indonesia yang berhasil membuktikan bahwa anak bangsa mampu memproduksi pesawat terbang.

Dalam pengangkutannya, Gatotkaca dibongkar terlebih dahulu. Selanjutnya, pesawat ini akan dirakit dan ditargetkan selesai dalam satu pekan. Pesawat ini juga akna diperbaiki sehingga sesuai dengan kondisi asli pesawat saat pertama kali terbang.

Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU YogyakartaPesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta Foto: Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)

"Nanti kita rapikan, dalamnya akan kita sesuaikan dengan saat terbang pertama kali, instrumen, tempat duduk akan kita sesuaikan, sehingga masyarakat bisa masuk, duduk, bisa merasakan inilah pesawat buatan bangsa sendiri," kata Fajar.

Meski Gatotkaca tak bisa lagi mengangkasa, namun burung besi ini bakal mengilhami generasi penerus bangsa untuk terus berkarya.

"Harapannya semangat kedirgantaraan timbul lagi, jadi keinginan untuk membuat pesawat seperti ini timbul lagi dan memacu generasi muda mencintai dirgantara," tutupnya.


(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT