Round-Up

Penghormatan Tertinggi untuk Burung Besi Karya Eyang Habibie

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 06:22 WIB
Pesawat N250 Gatotkaca sudah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Pesawat N250 Gatotkaca (Jauh Hari Wawan S)
Jakarta -

Pesawat karya BJ Habibie ini mendapat penghormatan tertinggi di antara pesawat-pesawat lainnya. Soalnya, ini adalah karya monumental bangsa. Burung besi ini masuk museum.

Burung besi ini adalah pesawat sipil N250 bernama Gatotkaca. Pesawat ini mulai dirancang bangun pada 1986. Pada 1995, pesawat tersebut berhasil mengudara di langit Indonesia.

Berdasarkan keterangan pers Dinas Penerangan TNI AU, Gatotkaca pertama kali terbang pada 1995 bertepatan HUT RI ke-50. Pesawat yang dibuat oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)--kini bernama PT Dirgantara Indonesia (PTDI)--itu sempat tampil dan menjadi idola di beberapa International Air Show, salah satunya di Le-Bourge, Paris Air Show 1997.

Semua negara dunia melihat kehebatan serta kecanggihan pesawat N250. Apalagi kala itu pesawat karya anak bangsa ini menggunakan teknologi paling canggih, yakni fly by wire.

BJ Habibie selama hidupnya menorehkan prestasi di bidang teknologi, terutama penerbangan. Bahkan ia adalah sosok di balik terbangnya pesawat pertama Indonesia.BJ Habibie selama hidupnya menorehkan prestasi di bidang teknologi, terutama penerbangan. Bahkan ia adalah sosok di balik terbangnya pesawat pertama Indonesia. Foto: Istimewa

Sayangnya, 'keperkasaan' Gatotkaca harus terhenti saat Indonesia diterpa krisis moneter pada 1998. Proyek pesawat N250 disetop oleh negara akibat krisis ekonomi tersebut.

"Saat krisis ekonomi 1998 melanda, N250 dihentikan produksinya, setelah IMF meminta IPTN ditutup karena dianggap memberatkan ekonomi. Gatotkaca pun dirumahkan, tidak boleh terbang. Pupus sudah harapan bangsa Indonesia memiliki pesawat produksi dalam negeri," kata Kadispen TNI AU Marsma Fajar Adriyanto kepada wartawan, Rabu (19/8).

Tonton juga 'Melihat Detik-detik Pesawat Karya BJ Habibie Dimuseumkan':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3