Round-Up

Istana Redam (Lagi) Isu Reshuffle di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 21:02 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Maruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Kerja II di tangga veranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro/foc.
Presiden Jokowi bersama jajaran Kabinet Indonesia Maju. (Wahyu Putro/Antara Foto)
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet kembali mengemuka. Kali ini adalah Indonesia Police Watch (IPW) yang mengembuskan isu reshuffle kabinet. Pihak Istana langsung meredam isu ini.

Dalam keterangan tertulisnya, IPW menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan me-reshuffle 18 menteri setelah pergantian Panglima TNI. IPW mengatakan, ada 11 anggota kabinet akan bergeser dan berganti. Dan paling banyak, kata IPW, ada 18 menteri kena reshuffle.

"Rotasi dan pergantian kabinet sepertinya akan dilakukan Presiden Jokowi setelah pergantian Panglima TNI. Sementara pergantian Kapolri akan dilakukan sesuai jadwal, yakni pensiunnya Jenderal Idham Azis pada awal Januari 2021. Demikian informasi yang diperoleh dari berbagai sumber," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Kamis (20/8).


IPW menyebut beberapa nama menteri yang akan disebut akan di-reshuffle. Mulai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menkum HAM Yasonna Laoly, Menpora Zainudin Amali, Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menaker Ida Fauziyah, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Mensos Juliari P Batubara.

Kemudian Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, dan Kepala Bulog Budi Waseso. IPW mengatakan PDIP akan mendapat tambahan pos menteri.

Kemudian, IPW memprediksi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal digeser ke posisi Menteri Pertanian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan digantikan Jenderal Andika Perkasa, yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat. Tidak hanya itu, IPW mengungkapkan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin akan diisi oleh tokoh-tokoh baru. Mulai Ketum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga pasangan Prabowo pada Pilpres 2019, Sandiaga Uno.

"Nama-nama baru wajah lama disebut sebut pula akan masuk ke kabinet hasil reshuffle, seperti AHY putra mantan Presiden SBY, dan mantan cawapres Prabowo, Sandiaga Uno, dan lain-lain. Jumlah menteri dari anggota Polri diperkirakan juga akan bertambah dalam kabinet hasil reshuffle ini," kata Neta.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3