Viral Mobil Halangi Ambulans, Dinkes DKI: Itu Bahayakan Nyawa Pasien!

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 13:54 WIB
Mobil Ambulans milik Dinkes Kota Depok merapat ke RSPI Sulianti Saroso. Menurut informasi, ambulans membawa tukang kebun dari rumah WNI yang positif Corona.
Ilustrasi ambulans (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video mobil pribadi menghalangi ambulans di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel) ramai beredar di media sosial (medsos). Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menyayangkan peristiwa tersebut karena ambulans harus mendapatkan prioritas di jalan.

"Saya cek ke call center, apakah itu ambulans DKI atau RS mana. Tapi sebetulnya ambulans manapun, mau punya Pemprov DKI maupun lainnya, harus diberi akses jalan, prioritas. Apalagi kalau sudah membunyikan sirine, dia itu membawa pasien atau mau menjemput pasien," kata Kepala UPT Ambulans Gawat Darurat Dinkes DKI, drg Iwan Kurniawan, saat dihubungi, Jumat (21/8/2020).

Dia mengakui memang belum semua masyarakat teredukasi agar memberi prioritas bila ada ambulans melintas. Iwan mengatakan jika ambulans menyalakan sirine artinya sedang dalam perjalanan penting.

"Kalau ada ambulans lewat menyalakan sirine, itu artinya dalam kondisi darurat, sedang membawa pasien atau ingin menjemput pasien," ujarnya.

Iwan berharap peristiwa serupa tidak berulang. Dia mengatakan tindakan menghalangi perjalanan ambulans bisa membahayakan nyawa seseorang.

"Apalagi kalau sengaja menghalangi, itu tidak boleh. Kita kan dalam kondisi darurat, sementara kalau kita lihat dari videonya seperti sengaja berhenti, sengaja menghalangi, tindakan tidak terpuji. Dan saya pikir itu berpotensi pidana karena bisa menyebabkan orang lebih parah atau bahkan menyebabkan orang jadi meninggal dunia. Membahayakan nyawa pasien," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, beredar video mobil pribadi berwarna putih disebut menghalangi ambulans di sebuah jalan di Pondok Indah, Jaksel. Mobil tersebut tetap bergerak lamban meski suara sirene ambulans meraung-raung.

Terlihat beberapa orang mendatangi mobil putih yang menghalangi laju ambulans tersebut. Salah satu yang marah dan menghampiri mobil itu disebut ialah si sopir ambulans.

Simak video 'Pemotor Vs Sopir Ambulans Cekcok di Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/knv)