Polri: Arus Lalu Lintas Tol Dalkot-Cipali Ramai Lancar Malam Ini

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 23:49 WIB
Ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terpantau ramai lancar. Volume kendaraan meningkat jelang libur Tahun Baru Islam
Foto: Ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar. Volume kendaraan meningkat jelang libur Tahun Baru Islam (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polri mengatakan arus lalu lintas di ruas Tol Dalam Kota (Dalkot) hingga Cikopo-Palimanan (Cipali) ramai lancar malam ini. Polri menuturkan pihaknya telah mengalihkan arus kendaraan besar bersumbu 3, 4 dan 5 keluar Gerbang Tol Cikarang agar tak memadati jalan tol.

"Situasi arus lalu lintas Rabu, 19 Agustus 2020 dalam rangka long weekend libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, pantauan arus lalu lintas dari ruas Tol Dalam Kota, Cikampek dan Cipali ramai dan masih lancar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada detikcom, Rabu (19/8/2020).

Argo menuturkan para personel Patroli Jalan Raya (PJR) dan Lalu Lintas telah mengalihkan kendaraan besar untuk keluar tol dan melintas di jalan arteri. Pengalihan arus kendaraan besar ini didasari surat edaran Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Personel PJR dan Lalu Lintas Polres Bekasi melaksanakan pengalihan kendaraan besar sumbu 3, 4 dan 5 dikeluarkan dari GT Cikarang untuk melewati jalan arteri sesuai SE Dirjen Hubdat No. HK.211/I/7/DRJN/200 tentang Pembatasan Operasional Angkutan Barang pada masa Arus Mudik dan Balik Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah," terang Argo.

Argo menyebut situasi pengalihan arus lalu lintas terkendali. Dia menerangkan Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo serta jajaran telah memantau jalur mudik long weekend ini di pos pengamanan di KM 29 Cikarang.

"Situasi arus lalin masih terpantau ramai lancar dan terkendali. Dari pantauan arus lalin dari GT Kalihurip dan GT Cikatama situasi masih terkendali aman, antrean gate tol 1 hingga 6 kendaraan ke belakang," terang Argo.

(aud/isa)