Sempat Berkumpul, Rencana Pawai Obor di Cipinang Bali Jaktim Akhirnya Batal

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 21:31 WIB
Ribuan peserta pawai obor elektrik meriahkan acara Jakarta Muharram Festival. Mereka melakukan longmarch dari Silang Monas ke Bundaran HI.
Foto: Ilustrasi pawai obor (Agung Pambudhy/detikcom).
Jakarta -

Warga kawasan Cipinang Bali, Cipinang Melayu, Jakarta Timur sempat berencana untuk pawai obor memperingati Tahun Baru Islam 1442 H. Namun, langsung dibubarkan dan diminta dibatalkan.

Kondisi masyarakat yang akan pawai obor itu direkam dan diunggah videonya oleh akun twitter @Jktinformasi. Terlihat kumpulan massa yang sudah berbaris membawa obor dan alat musik.

Dikonfirmasi soal kejadian tersebut, Kasatpol PP Jakarta Timur, Budhy Novian membenarkan kejadian tersebut. Namun, pihak RW 03 Cipinang Melayu telah membubarkan pawai obor tersebut.

"Baru kumpul-kumpul tapi sudah diimbau dan dibatalkan," ujar Budhy saat dihubungi detikcom, Rabu (19/8/2020).

Diketahui, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin mengimbau kepada warga untuk untuk tidak menggelar pawai obor di malam 1 Muharam 1442 Hijriah. Imbauan itu dilakukan karena saat ini pandemi virus Corona (COVID-19) masih terjadi.

"Tetap kita imbau, kita ingatkan semua pihak yang berkepentingan supaya tidak mengadakan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan yang mempunyai potensi penularan, sekali lagi bukan kita tidak ingin memeriahkan Hari Muharam, Hari Tahun Baru Islam. Tetapi kita lebih bijak, arif dalam suasana pandemi ini, toh perayaan kemerdekaan saja kita bisa menunda dulu kegiatan yang berkerumun tadi, alhamdulillah imbauan seruan benar-benar dipahami dimengerti serta dipatuhi," ujar Arifin di Balai Kota DKI Jakarta.

(aik/imk)