ADVERTISEMENT

YouTuber Medan Tersangka Hoax Bakal Diperiksa soal Kasus 'Istri Wakapolda'

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 17:40 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Ilustrasi YouTube (Foto: Andhika Prasetia-detikcom)
Palembang -

YouTuber asal Medan, Benni Eduward, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran hoax 'polisi menunggak pajak'. Benni bakal diperiksa sebagai saksi terkait kasus viral 'istri Wakapolda' di Sumatera Selatan.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Anom Setyadji, membenarkan rencana penyidik memeriksa Benni. Korban disebut tak terima video ributnya dengan mantan istri Wakapolda Sumsel, Brigjen (Purn) Zulkarnain, disebar.

"Hasil keterangan saksi-saksi mengarah ke sana. Jadi nanti penyidik juga periksa akun dan yang menyebarkan BW dan BE," terang Anom, Rabu (19/8/2020).

Dari keterangan yang didapat, lanjut Anom, Benni Eduward dan rekannya diduga menyebarkan video korban, Evita Sari. Padahal Evita tak mengizinkan video disebar karena mereka sudah berdamai dan berjualan.

"Sesuai keterangan korban. Nanti penyidik ke Sumut untuk memeriksa BE karena dia juga menjadi tersangka di Medan," ujar Anom.

Sebelumnya, polisi meluruskan informasi terkait video viral seorang pedagang di Palembang mengaku dilarang berjualan setelah menegur wanita yang mengaku 'Istri Wakapolda'. Menurut polisi, wanita yang ditegur itu adalah istri Wakapolda yang sudah pensiun.

"Benar istri Wakapolda, tapi sudah pensiun. Beliau itu Wakapolda Sumsel periode 2012 hingga akhir 2013," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supariadi beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan wanita yang ditegur itu bukan istri Wakapolda saat ini. Supariadi mengatakan pihaknya bakal melakukan pemeriksaan terkait video viral itu.

"Nanti semua diperiksa, termasuk ibu yang disebut oleh Bu Evi. Kebetulan video ramai ya kita panggil Ibu Evi hari ini. Beliau sudah menjelaskan semuanya," kata Supariadi.

Evita dan suaminya, Ali, sudah dipanggil polisi terkait peristiwa itu. Dia mengatakan permasalahan itu sudah selesai dan sudah kembali berjualan pascaperdamaian.

Sementara itu, Benni telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan hoax. Dia diduga menyebar video berisi berita bohong soal adanya narasi personel polisi menunggak pajak. Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama pemilik akun Joniar News Pekan, Joniar Nainggolan.

Lihat juga video 'Video Emak-emak PKL Ribut dengan 'Istri Wakapolda', Begini Faktanya':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT