KJRI Cape Town Gelar Upacara-Cerdas Cermat Virtual Peringati HUT RI ke-75

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 02:40 WIB
Upacara peringatan HUT RI di KJRI Cape Town
Foto: Upacara peringatan HUT RI di KJRI Cape Town (Dok. KJRI Cape Town)
Jakarta -

Perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Cape Town, Afrika Selatan berlangsung sederhana. KJRI Cape Town menggelar upacara dengan jumlah peserta terbatas hingga cerdas cermat secara virtual.

Berdasarkan keterangan dari KJRI Cape Town, Selasa (18/8/2020), upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 di Cape Town hanya diikuti oleh seluruh staf KJRI Cape Town beserta keluarga yang berjumlah kurang dari 50 orang. Hal ini dikarenakan Afrika Selatan masih menerapkan lockdown tingkat 3 dan melakukan pembatasan perkumpulan.

Perayaan ini berbeda dengan tahun lalu, di mana lebih dari 200 orang masyarakat Indonesia, termasuk Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang tengah berlabuh di Cape Town, mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Namun kini jumlah peserta dibatasi dan perlombaan dilakukan secara virtual.

Setelah melakukan upacara bendera, Konsul Jenderal RI di Cape Town, Mohamad Siradj Parwito memimpin acara syukuran sederhana bersama seluruh staf. Siradj menyampaikan ucapan syukur atas karunia Tuhan YME serta terima kasih kepada seluruh staf, sehingga rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.

Selain kegiatan upacara peringatan Hari Kemerdekaan, KJRI Cape Town juga menggelar perlombaan secara virtual, di antaranya lomba cerdas cermat virtual, lomba lukis virtual dan Lomba KJRI Got Talent, yang telah dimulai sejak awal bulan Agustus.

Perlombaan virtual tersebut diikuti oleh puluhan masyarakat Indonesia yang bermukim di Cape Town dan para ABK Indonesia. Bahkan dua orang WNA yang menjadi murid Kelas Bahasa Indonesia-KJRI Cape Town juga turut berpartisipasi pada KJRI Got Talent.

Selanjutnya
Halaman
1 2