Cara Melihat UTBK dan Cara Penghitungannya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 15:38 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Cara Melihat Hasil UTBK dan Cara Penghitungannya (Ilustrasi: Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Nilai UTBK bisa dilihat satu hari setelah Pengumuman SBMPTN 2020. Jika tak lolos SBMPTN, hasil nilai UTBK bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi yang membuka jalur seleksi mandiri. Lalu, bagaimana sih cara melihat UTBK?

Ya, setiap materi ujian yang ada di UTBK 2020 nantinya akan langsung tersedia nilainya, jadi Kamu memperoleh 8 - 9 nilai. Sehingga detikers bisa mengetahui jumlah skor secara keseluruhan, seperti nilai skor fisika, matematika, pengetahuan kuantitatif, geografi, dan lain sebagainya.

Ini Cara Melihat UTBK dan Cara Menghitungnya

Cara menghitung nilai UTBK dan melihat hasilnya sebenarnya dapat dilakukan dengan cara mengakses laman resmi dari LTMPT secara langsung, di https://ltmpt.ac.id. Adapun data nilai total yang ditampilkan oleh LTMPT di antara semua peserta setiap bidang materi ujian TKA dan TPS, diantaranya sebagai berikut :

• Minimum, ialah nilai terkecil dari seluruh peserta.
• Maksimum, ialah nilai tertinggi dari seluruh peserta.
• Median, ialah nilai tengah.
• Kuartal 1, yaitu nilai rangking di posisi ¼ paling bawah dari nilai keseluruhan, jadi termasuk nilai yang rendah.
• Kuartal 3, yaitu nilai rangking di posisi ¾ dari nilai keseluruhan, dan termasuk nilai yang tinggi.

Jadi, di samping nilai keseluruhan para peserta ujian, biasanya LTMPT juga memberikan informasi pesebaran nilai dari UTBK. Sehingga detikers bisa mengetahui berapa banyak peserta yang memperoleh nilai skor tertentu. Adapun nilai skor yang diperlihatkan di LTMPT, yaitu di bawah 300, kemudian 300-400, 401-500, 501-600, 601-700, 701-800, 801-900, hingga di atas 900.

Sistem Penilaian dari UTBK

LTMPT memakai sistem IRT (Item response Theory) dalam konsep penilaian UTBK melalui bobot nilai berbeda di tiap-tiap sub tes. Jadi lebih detailnya, konsep penilaian tersebut digambarkan berdasarkan 3 tahapan, di antaranya :
1. Tahapan pertama, semua jawaban yang benar diberikan skor senilai 1 poin, sedangkan skor 0 diberikan untuk soal yang tak dijawab.

2. Tahapan kedua, melalui pendekatan dari teori respons butir atau item response theory yang akan dilakukan. Dimana setiap jawaban soal yang tepat akan dianalisa lagi karakteristiknya sesuai tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya.

3. Tahapan ketiga, dimana karakteristik dari tiap-tiap soal yang diperoleh pada tahapan dua lalu akan digunakan untuk perhitungan skor peserta. Selain itu, soal yang sulit akan memperoleh bobot paling tinggi dari yang lainnya.

Cara Membaca Hasil UTBK

Jika detikers sudah melihat hasil nilai UTBK, bandingkan dengan rekapitulasi serta data pesebaran keseluruhan dari skor peserta UTBK di LTMPT. detikers bisa membandingkan posisi skor, mulai dari skor kuartil 3 hingga skor maksimum. Selain itu, lihat pula apakah skor-mu telah melampaui nilai rata-rata atau belum. Jika sudah, ini artinya Kamu pun sudah ada di 50% teratas. Lalu bila skormu di atas kuartil 3, ini artinya Kamu ada di sekitar 30% teratas dari jumlah peserta tes pada saat itu.

Selanjutnya, cek berapa jumlah peserta yang memperoleh nilai yang sama seperti nilai yang Kamu dapatkan dan berapa jumlah peserta yang memiliki nilai di atas nilaimu.

Sebab yang di cek nantinya harus dilakukan per materi, dengan begitu hasil yang diperoleh pun akan beragam. Di mana ada materi tertentu yang mungkin saja nilaimu di atas rata-rata dan ada pula materi yang nilaimu berada di bawah nilai rata-rata.

Jadi jangan hanya melakukan perbandingan nilai dengan pengumuman pada saat itu, tapi lakukan pengecekan juga dalam pengumuman berikutnya agar Kamu mengetahui performa peserta lainnya.

Bagaimana detikers, sudah jelas ulasan tentang cara melihat UTBK dan cara penghitungannya?

(erd/erd)