Mahasiswa USU Demo Tuntut Keringanan UKT Tak Diskriminatif

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 14:47 WIB
Demonstrasi di USU (Datuk Haris-detikcom)
Foto: Demonstrasi di USU (Datuk Haris-detikcom)
Medan -

Sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar demonstrasi. Mereka menuntut keringanan uang kuliah tunggal (UKT).

"Jadi hari ini Aliansi Mahasiswa USU melakukan aksi untuk menuntut penurunan UKT, mempermudah mekanisme bantuan dan untuk menerapkan Permendikbud Nomor 10 tahun 2020 dan juga Nomor 25 tahun 2020," kata koordinator aksi, Annisa Maharani, kepada wartawan, Selasa (18/8/2020).

"Di sini tujuan aksi kami, adalah untuk menunggu rektor kami datang sampai mau melakukan audiensi dengan pihak mahasiswa," sambungnya.

Permendikbud nomor 10 tahun 2020 yang dimaksud adalah Permendikbud tentang Program Indonesia Pintar. Sementara, Permendikbud 25 tahun 2020 yang dimaksud adalah Permendikbud tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

USU sendiri telah mengeluarkan kebijakan keringanan UKT bagi mahasiswa. Kebijakan itu tertera dalam Surat Edaran nomor 7129/UN5.1.R1/SPB/2020 tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Dampak COVID-19 untuk Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Universitas Sumatera Utara.

Surat tersebut diteken oleh Wakil Rektor I USU, Prof Rosmayati pada 12 Agustus 2020. Dalam surat itu, tertera sejumlah syarat agar mahasiswa bisa mendapat keringanan UKT.

Salah satunya adalah orang tua atau pihak yang membiayai kuliah si mahasiswa bukan ASN, Polri, TNI, karyawan atau pimpinan BUMN/BUMD dan pejabat daerah/negara. Selain itu, ada sejumlah syarat lain yang harus dipenuhi dan dapat di lihat di sini.

Kembali ke demo. Annisa mengatakan pihaknya menganggap surat edaran yang diteken Wakil Rektor I itu diskriminatif. Dia juga menilai syarat-syaratnya dipersulit dan tak sesuai Permendikbud.

Tonton juga video 'Mahasiswa Adukan Mendikbud Nadiem ke Komnas HAM':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2