Ayat Tentang Tahun Baru Islam, Ucapan dan Contoh Pidatonya

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 13:00 WIB
Alhamdulillah, Museum Al Quran TMII Kembali Dibuka di Era New Normal
Foto: Humas Kemenag/Ilustrasi Ayat Tentang Tahun Baru Islam, Ucapan dan Contoh Pidatonya
Jakarta -

Bulan Muharram, menjadi satu dari empat bulan dalam kalender hijriah yang memiliki keistimewaan. Keistimewaan bulan Muharram, bulan pertama dalam Tahun Baru Islam itu disebutkan dalam firman Allah SWT di Al Quran surat At Taubah ayat 36:


اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Latin: inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah itu ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa."

Tahun baru Islam 1442 hijriah jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020. Berikut ini fakta-fakta tahun baru Islam:

1. Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

Dalam buku 'Mengenal Nama Bulan dalam Kalender' karya Ida Fitri Shohibah tahun baru Islam ditetapkan pada bulan Muharram. Kegiatan tahun baru Islam yang sunnah dilakukan adalah puasa Muharram (puasa Asyura). Puasa ini bahkan memiliki keistimewaan di sisi Allah setelah puasa Ramadhan.

Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam."

Selain itu, puasa Asyura juga menghapus dosa setahun yang lalu. Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Qotadah Al Anshoriy ia berkata, "Rasulullah SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah, beliau menjawab 'Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.' Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura, Beliau menjawab 'Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.'"

2. Ucapan Tahun Baru Islam

Agar saling mempererat tali silaturahmi di antara sesama Muslim, ada baiknya memberikan ucapan tahun baru Islam. Penyampaian ini bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp mengingat adanya pandemi virus corona.

Berikut contoh ucapan tahun baru Islam 2020

- Selamat tahun baru Islam 1442 hijriyah. Semoga di tahun ini iman dan kecintaan kepada Allah SWT semakin betambah ya.

- Waktu terus berjalan, ada banyak hal yang mungkin tertinggal. Namun, di perayaan tahun baru hijriyah ini jangan lupa untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

- Muharram menjadi bulan pembuka dalam kalender. Bulan yang menjadi saksi hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Di momen ini, semoga kita juga bisa mengikuti jejak-Nya hijrah menjadi yang lebih baik.

-Berterima kasih lah kepada Allah SWT yang telah memberikan kita umur dalam merayakan tahun baru Islam 2020. Mari kita berdoa semoga di tahun ini menjadi awalan yang baik dan penuh berkah.

-Alhamdulillah bulan telah berganti, mari kita sambut dengan sepenuh hati agar menjadi berkah. Selamat tahun baru Islam 1442 hijriyah teman.

3. Pidato Tahun Baru Islam

Contoh pidato tahun baru Islam diambil dari sambutan Menteri Agama pada 10 Januari 2008. Berikut isinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hadirin kaum Muslimin yang saya muliakan,

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena malam ini kita dapat menyambut Tahun Baru Islam 1429 hijriyah. Salawat dan salam, mari lah kita sampaikan kepada Nabi dan Rasul terakhir yang diutus kepada seluruh umat manusia, yaitu Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya, serta para pengikut beliau hingga akhir zaman. Mudah-mudahan kita semua yang hadir di Masjid Baiturrahim ini, maupun kaum Muslimin dan Muslimat di seluruh Tanah Air ini akan senantiasa mendapat berkah dan inayah dari Allah SWT.

Dalam agama Islam tidak dikenal tradisi merayakan tahun baru, apalagi dengan kegiatan yang diwarnai hura-hura yang bersifat mubazir. Namun, Islam mengajarkan kepada umatnya agar mempunyai kesadaran waktu dan kesadaran sejarah.

Dengan kesadaran bahwa waktu terus berjalan, sedang kehidupan manusia berada di lorong waktu yang tebatas, maka diharapkan tumbuh kesadaran dan semangat juang sebagai muslim untuk beruaya memperbaiki diri srta berupaya pula memperbaiki masyarakat di sekitar kita dengan melakukan amar makruf nahi munkar sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa tahun baru Islam didasarkan pada peristiwa hijrah Rasul dari Mekkah ke Madinah.

Hadirin dan Hadirat yang sayang muliakan,

Salah satu makna penting hijrah adalah adanya proses transformasi dari kegelapan menuju peradaban yang tercerahkan. Dalam konteks kebangsaan, hijrah bisa dimaknai sebagai transformasi menuju peningkatan kesejahteraan sebuah elemen masyarakat. Selain itu, hijrah mengandung makna pemisah antara kebenaran dan kebatilan.

Makna hijrah tersebut harus selalu hidup dan mewarnai kehidupan kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Peristiwa hijrah yang pernah dilakukan Rasulullah yang kemudian ditetapkan sebagai permulaan Tahun Baru Islam tidak semata kejadian biasa, melainkan menjadi sebuah manhaj atau pola yang perlu dikaji, diresapi, dan diamalkan maknanya.

Lebih-lebih, kini umat Islam dan bangsa kita sedang berada di dalam ujian yaitu terjadinya bencana alam maupun masalah sosial dan moral yang memperlihatkan kita semua. Bencana demi bencana sebagian besar terjadi akibat perbuatan manusia yang mengabaikan melanggar norma-norma yang telah digariskan oleh Allah SWT. Di dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 18 Allah berfirman,

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

Selanjutnya, saya ingin mengajak seluruh kaum muslimin untuk memulai tahun baru hijriah ini dengan tekad dan semangat muhasabah menuju perbaikan diri dan perbaikan masyarakat.

Mari kita renungkan, hijrah telah membuat umat Islam yang ketika masih berada di Mekkah dalam keadaan tidak memiliki kekuatan apa-apa, menjadi umat yang kuat dan mulia. Umat Islam mampu membangun sebuah perkonomian yang baik, membangun persaudaraan yang baik antara kaum Muhajirin (mereka yang hijrah dari Mekkah) dengan kaum Anshar (penolong dari kota Madinah). Madinah pun kemudian dikenal sebagai sebuah negeri yang aman dan makmur, karena umat Islam bisa berniaga dengan siapa pun, dan orang-orang non-Muslim hidup aman di Madinah dalam suasana yang rukun dan damai di bawah naungan keadilan Islam.

Para ulama dan sejarawan Islam telah sepakat bahwa Madinah setelah hijrah Nabi SAW telah berubah dari sekadar sebuah kota menjadi negara dan pusat tubuhnya peradaban Islam. Bahkan, dengan struktur yang menurut cendikiawan Barat, Robert N Bellah terlalu modern untuk ukuran zamannya. Saat itu Muhammad Rasulullah SAW sendiri yang menjabat sebagai kepala negaranya.

Hadirin kaum Muslimin yang saya muliakan,
Dalam konteks kekinian, tentu hijrah yang berarti pindah tempat atau meninggalkan tempat menuju tempat lain seprti yang terjadi pada zaman Rasulullah SAW tidak perlu dilakukan. Maka, makna hijrah dari perilaku kurang baik ke perilaku lebih baik dan perilaku yang hanya mementingkan diri sendiri kepada perilaku yang peduli terhadap orang lain, dari perilaku kehidupan bebas nilai kepada kehidupan yang terikat dengan nilai-nilai agama dan aklakul karimah, dari perilaku korupsi kepada perilaku jujur dan anti korupsi. Di samping itu, hijrah juga dapat dimaknai berpindah dari kondisi hidup yang penuh kemiskinan kepada kondisi hidup yang layak dan sejahtera.

Untuk membangun hari depan bangsa yang lebih baik dan bermartabat diperlukan mental dan perilaku hijrah dari setiap warga bangsa. Dalam hal ini umat Islam yang merupakan mayoritas perlu memaksimalkan hijrah sebagai momentum perubahan diri dan perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Setiap Muslim di mana pun perlu meresapi dan mengamalkan makna hadis Rasulullah SAW yang menyatakan 'Siapa yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin, dia adalah orang yang beruntung. Siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, dia adalah orang yang merugi. Siapa yang hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, dia adalah orang yang terhina."

Hadirin kaum Muslimin yang saya muliakan,

Demikian sambutan saya dalam menyambut Tahun Baru 1429 hijriyah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kaum Muslimin dan bangsa Indonesia, salam menuju hari depan yang lebih baik.

Terima kasih,
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah, semoga pengetahuan tahun baru Islam 2020 ini bisa menambah keimanan sahabat Hikmah ya!

(pay/erd)