Round-Up

Momen Langka Rakyat Indonesia Sikap Sempurna: di Jalan hingga Kafe

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 22:18 WIB
Momen detik-detik proklamasi dilakukan warga Indonesia dengan berhenti sejenak dari aktivitas dan berdiri melakukan sikap sempurna.
Sikap sempurna warga di 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB (Foto: AP/Achmad Ibrahim)
Jakarta -

17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB, masyarakat berdiri tegap dan menunjukkan sikap sempurna dalam rangka HUT RI ke-75. Mereka yang menunjukkan sikap sempurna ini tersebar di beberapa lokasi.

Pemerintah sebelumnya telah menyosialisasikan arahan rakyat Indonesia bersikap sempurna saat hari kemerdekaan RI sejak awal Agustus. Pada pukul 10.17 WIB, sirene di berbagai lokasi bakal berbunyi sebagai sinyal.

"Pukul 10.17 WIB, sirene di seluruh Tanah Air berbunyi, mari kita semuanya bersikap sempurna, menghormati bendera yang kita cintai yang akan dikibarkan pada tanggal 17 Agustus," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers peringatan HUT ke-75 RI yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

Lalu, tepat pukul 10.17 WIB, momen langka sikap sempurna ini terjadi di berbagai penjuru. Berikut rangkumannya:

1. Polewali Mandar

Momen unik terlihat dalam pernikahan pasangan pengantin Suardi dan Munira di Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar. Undangan dan kedua mempelai sama-sama berdiri sikap sempurna saat detik-detik proklamasi dimulai.

Pernikahan Suardi dan Munira itu digelar di Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Senin (17/8/2020). Suardi mengaku bahagia bisa melangsungkan pernikahan bertepatan dengan HUT ke-75 RI.

"Saya bahagia karena hari pernikahan ini tepat dengan hari kemerdekaan, sebagai warga negara Republik Indonesia, patut menghargai yang namanya kemerdekaan," kata Suardi kepada wartawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Matakali Buhari mengapresiasi sikap kedua mempelai bersama keluarga dan tamu undangan, yang bersedia menghentikan seluruh aktivitas saat detik-detik proklamasi berlangsung, tepat pada pukul 11.30 Wita. Mereka juga tetap berdiri sikap sempurna saat lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dinyanyikan.

2. Jakarta

PT KAI Daop 1 Jakarta menggelar perayaan HUT ke-75 RI dengan mengibarkan bendera Merah Putih di rangkaian Kereta Api Serayu sebelum diberangkatkan dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Sikap sempurna juga dilakukan.

Bendera dikibarkan di depan pintu keberangkatan Stasiun Senen pada pukul 10.17 WIB. Seluruh penumpang ataupun pekerja yang sedang beraktivitas di kawasan ini berhenti sejenak untuk hormat kepada bendera Merah Putih sambil mendengarkan lagu 'Indonesia Raya'.

Salah satu penumpang bernama Wahyu hendak pulang kampung menuju Jawa Tengah. Ia bergembira bisa merayakan HUT ke-75 RI di dalam gerbong kereta.

"Rasanya bahagia kita bisa merayakan kemerdekaan Indonesia," kata Wahyu saat ditemui detikcom.

Pemotor di Tugu Tani sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB (Ilman/detikcom)Pemotor di Tugu Tani sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB (Ilman/detikcom) Foto: Pemotor di Tugu Tani sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB (Ilman/detikcom)

Selain di stasiun, masyarakat di jalanan juga melakukannya. Aparat kepolisian di kawasan traffic light Tugu Tani, Jakarta Pusat, menghentikan para pengendara kendaraan bermotor pada pukul 10.17 WIB. Para pengendara diminta berdiam sejenak selama 3 menit dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

Sejumlah pesepeda motor langsung turun dari motornya ketika polisi meminta berhenti. Mereka juga tampak berdiri tegak. Meski demikian, tak sedikit juga dari pengendara sepeda motor dan mobil yang enggan berdiri tegak. Mereka tetap duduk di kendaraan masing-masing.

Selanjutnya
Halaman
1 2