Saat Penumpang-Petugas Stasiun Senen Sikap Sempurna di Momen HUT Ke-75 RI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 11:52 WIB
Suasana HUT ke-75 RI di Stasiun Senen
Suasana HUT RI di Stasiun Senen (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

PT KAI Daop 1 Jakarta menggelar perayaan HUT ke-75 RI dengan mengibarkan bendera Merah Putih di rangkaian Kereta Api Serayu sebelum diberangkatkan dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Pengibaran bendera Merah Putih turut disaksikan oleh penumpang kereta.

Pantauan detikcom pada Senin (17/8/2020), rangkaian peringatan HUT ke-75 RI di Stasiun Senen telah dimulai sejak pukul 08.55 WIB. Rangkaian pertama dilakukan di dalam rangkaian KA Serayu tujuan Purwokerto-Pasar Senen.

Suasana HUT ke-75 RI di Stasiun SenenSuasana HUT ke-75 RI di Stasiun Senen (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Empat anggota Paskibraka membawa bendera berukuran 17 meter ke dalam gerbong 2 dan 3 KA Serayu. Seluruh penumpang berdiri tegak ketika lagu 'Indonesia Raya' dikumandangkan dan bendera Merah Putih dibentangkan.

"Sekali lagi berdiri tegak bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'," kata petugas kereta api melalui pengeras suara di dalam KA Serayu, Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Senin (17/8/2020).

Setelah itu, pukul 09.15 WIB bendera Merah Putih sepanjang 17 meter kembali dibentangkan di luar rangkaian kereta KA Serayu. Seluruh karyawan PT KAI memberi salam penghormatan untuk melepas kepergian KA Serayu.

Terakhir, bendera dikibarkan di depan pintu keberangkatan Stasiun Senen pada pukul 10.17 WIB. Seluruh penumpang ataupun pekerja yang sedang beraktivitas di kawasan ini berhenti sejenak untuk hormat kepada bendera Merah Putih sambil mendengarkan lagu 'Indonesia Raya'.

Salah satu penumpang bernama Wahyu hendak pulang kampung menuju Jawa Tengah. Ia bergembira bisa merayakan HUT ke-75 RI di dalam gerbong kereta.

"Rasanya bahagia kita bisa merayakan kemerdekaan Indonesia," kata Wahyu saat ditemui detikcom.

Suasana HUT ke-75 RI di Stasiun SenenSuasana HUT ke-75 RI di Stasiun Senen (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2