Melihat Suasana Sholat Jumat Terakhir Tahun 1441 Hijriyah di Masjid Nabawi

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 19:56 WIB
Masjid Nabawi menggelar salat jumat untuk pertama kalinya usai ditutup akibat pandemi Corona. Sedikitnya 100.000 orang mengikuti salat dengan mengikuti protokol kesehatan ketat.
Foto: dok. Haramain Info/Ilustrasi Melihat Suasana Sholat Jumat Terakhir Tahun 1441 Hijriyah di Masjid Nabawi
Jakarta -

Masjid Nabawi menggelar sholat Jumat pada (14/8) kemarin. Sholat tersebut menjadi yang terakhir di tahun 1441 hijriyah sebelum memasuki tahun baru 1442 Hijriyah pada 1 Muharram atau 20 Agustus mendatang.

Berdasarkan laporan dari Saudi Press Agency (SPA) sebelum pelaksanaan salat Jumat, para jamaah telah berbondong-bondong pergi ke masjid sejak pagi hari. Tak lupa, mereka melaksanakan salat dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Mereka berangkat ke masjid sejak pagi hari untuk menunaikan salat sambil mematuhi peraturan dan arahan untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk menjaga jarak dengan orang lain dan memakai masker," tulis informasi tersebut dikutip dari Arab News.

Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci Dr Abdul Rahman Al Sudais mengatakan bahwa para jamaah saling mematuhi peraturan COVID-19. Para petugas kebersihan pun melakukan pekerjaan dengan baik dengan menggunakan sanitasi ramah lingkungan.

Selain itu, masjid Nabawi juga telah dilengkapi kamera termal di pintu masjid dan dapat memindai suhu tubuh jamaah hingga jarak 6 meter. Ada juga gel pembersih tangan pada semua pintu masjid.

Sementara itu, tahun baru Islam sendiri pertama kali ditetapkan pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Dikutip dari buku 'Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah' karya Ida Fitri Shohibah peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah menjadi tonggak perhitungan awal tahun dalam kalender Islam.

(pay/erd)