Berawal dari TikTok, Hutan Kota di GBK Kini Ramai Didatangi untuk Piknik

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 17:32 WIB
Warga piknik di Hutan Kota GBK
Hutan Kota GBK ramai didatangi untuk piknik. (Luqman Arun/detikcom)
Jakarta -

Hutan kota di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, kini ramai didatangi warga untuk piknik. Kawasan ini jadi populer sejak viral di TikTok.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (16/8/2020) pukul 16.40 WIB, warga ramai berkunjung ke Hutan Kota kawasan GBK. Mereka yang datang mayoritas berusia remaja hingga 20-an tahun.

Hutan Kota ini merupakan area rumput lapang dengan beberapa pohon berukuran kecil. Warga tampak menggelar alas untuk duduk layaknya berpiknik.

Para pengunjung duduk santai atau tidur-tiduran sambil bercengkerama. Tidak sedikit yang membawa makanan, minuman, dan menyetel lagu. Ada pula yang berfoto-foto sekadar untuk mengabadikan momen bersama.

Warga piknik di Hutan Kota GBKWarga piknik di Hutan Kota GBK. (Luqman Arun/detikcom)

Pengunjung Hutan Kota GBK tampak menggunakan masker, tapi terkadang mereka melepasnya atau memasang di dagu. Warga yang piknik kebanyakan berkumpul 2-6 orang. Tampak pula muda-mudi duduk-duduk di bangku.

Terlihat dua petugas keamanan dari pihak GBK berpatroli. Petugas tersebut terkadang mengingatkan para pengunjung untuk menggunakan masker dan menjaga jarak menggunakan pengeras suara.

Lisa (24) mengaku mengetahui lokasi Hutan Kota sebagai tempat piknik dari media sosial TikTok. Karena penasaran, dia dan temannya langsung mencoba datang langsung.

"(Tahu) dari teman, dari TikTok katanya. Belakangan ini lagi ramai-ramainya terus kita penasaran juga sih tempatnya kayak apa akhirnya kita ke sini, buat foto-foto bagus tempatnya," ungkap Lisa.

Lisa juga mengaku datang karena lokasinya yang Instagramable. Selain itu, kawasan yang terbuka ini menjadi alternatif tempat rekreasi di Ibu Kota.

"Kita kurang bebas kan kalau mal, penginnya kan alam terbuka gini karena kita udah jarang keluar pas pandemi dan sekarang pas banget waktunya," ungkap warga Joglo, Jakarta Barat, itu.

Warga piknik di Hutan Kota GBKWarga piknik di Hutan Kota GBK (Luqman Arun/detikcom)

Hadi (20) juga datang ke Hutan Kota GBK karena tahu dari aplikasi TikTok. Dia bersama lima rekannya bahkan mempersiapkan alas dan keranjang makanan layaknya piknik.

"Mau piknik aja sih sama foto-foto sama teman-teman. (Tahu) dari TikTok ya. Udah tahu lama tapi baru ke sininya sekarang," ungkap Hadi.

"(Persiapan) spontan aja sih terus jalan. Persiapan kayak makanan, minum, sama lagu," imbuh warga Rawamangun, Jakarta Timur, itu.

(imk/imk)